Fitsa Hats Jadi Viral, Habib Novel Laporkan Ahok dengan Tuduhan Pencemaran Nama Baik dan Pasal UU ITE

Radarislam.com ~ Sekjen DPD FPI DKI Novel Chaidir Hasan Bamukmin melaporkan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Polda Metro Jaya karena frasa ‘Fitsa Hats’ yang belakangan menjadi viral di media sosial. Novel melaporkan Ahok dengan tuduhan telah mencemarkan nama baik dan fitnah berdasarkan UU ITE.

“Saya dituduh malu bekerja  di Pizza Hut dan saya dikatakan menulis sendiri ‘Fitsa Hats.’ Yang nulis kan polisi bukan saya. Saya disebut-sebut sengaja menuliskan soal ini,” jelas Novel kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Dalam laporannya, Novel membawa beberapa barang bukti. Di antaranya yaitu koran yang memberitakan ucapan Ahok setelah persidangan di gedung  Kementan, Jaksel.

“Ini barang bukti yang salah satunya menunjukkan ucapan Ahok.  Masih banyak lagi yang lain. Ini soal pencemaran nama baik,” jelas Novel sambil menunjukkan sebuah koran.

Novel melaporkan Ahok dengan tuduhan pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP juncto Pasal 27 (3) dan/atau Pasal 45 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No 11 Tahun 2008 soal Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Novel menegaskan bahwa bukan dia yang mengetik frasa ‘Fitsa Hats’ pada kolom riwayat pekerjaan pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) ketika diperiksa sebagai saksi pelapor kasus penistaan agama. Tulisan tersebut diketik oleh penyidik di Bareskrim Polri.

“Itu kan sudah dikoreksi beberapa lagi. mungkin ada satu yang terlewat,” jelas Novel.

Novel sendiri memaklumi jika terdapat kesalahan dalam penulisan ‘Pizza Hut’ tersebut sebab penyidiknya sudah berusia lanjut. Novel menilai mungkin penyidik itu tidak mengerti ejaan Pizza Hut. Jika dia bertanya, tentu Novel akan mengejakannya untuk penyidik.

“Saya periksa eh ada yang kelewatan,” jelas novel.

Dalam frasa ‘Fitsa Hats’ yang viral di medsos, ada beberapa meme yang viral sehingga Novel pun berencana untuk melaporkan pembuat meme itu.

“Ada unsur diskriminasi dan SARA. Lagi kita lacak jalurnya, yang buat pasti akan kita laporkan,” pungkas Novel. [Radar Islam/ Detik]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...