Waspada, Inilah Istilah Lain Babi atau Bahan Makanan dari Babi yang Wajib Diketahui - Radar Islam
loading...

Waspada, Inilah Istilah Lain Babi atau Bahan Makanan dari Babi yang Wajib Diketahui

Radarislam.com ~ Banyak makanan dan minuman yang mengandung babi namun tak diketahui karena produsen menggunakan istilah-istilah lain dari babi yang belum diketahui. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) melalui situnya halalmui.org. mereka mengunggahkan beragam istilah makanan yang mengandung unsur babi atau daging babi.

Pentingnya mengetahui istilah lain dari babi bermula ketika seorang wanita berhijab mengkonsumsi makanan yang bertuliskan siomay cu nyuk. Foto itu telah viral dan menyebar dengan cepatnya di internet.

Peristiwa itu telah diperbincangkan karena cu nyuk adalah istilah lain dari daging babi. Banyak sekali analisis tentang hal ini sebab beberapa pembeli juga teledor tidak bertanya kepada penjual soal makanan yang mereka konsumsi.

Ir Muti Ariantawati, Wadir Bidang Auditing dan Sistem Jaminan Halal MUI mengatakan bahwa adanya perdagangan bebas seiring dibukanya pasar bebas ASEAN. Halalmui.org menilai bahwa konsumen Indonesia harus kritis terhadap produk yang akan dikonsumsi.
Karena banyak istilah yang belum dipahami, dia menyarankan supaya konsumen bertanya sebelum dia membeli sesuatu. Siapa tahu ada kandungan babi dalam makannanya.

Berikut adalah istilah-istilah dalam produk yang menggunakan unsur babi:

PIG: Istilah umum untuk seekor babi atau sebenarnya babi muda, berat kurang dari50 kg.
PORK: Istilah yang digunakan untuk daging babi di dalam masakan.
SWINE: Istilah yang digunakan untuk keseluruhan kumpulan spesies babi.
HOG: Istilah untuk babi dewasa, berat melebihi 50 kg.
BOAR: Babi liar / celeng / babi hutan.
LARD: Lemak babi yang digunakan untuk membuat minyak masak dan sabun.
BACON: Daging hewan yang disalai, termasuk / terutama babi.
HAM: Daging pada bagian paha babi.
SOW: Istilah untuk babi betina dewasa (jarang digunakan)
SOW MILK: susu babi.
PORCINE: Istilah yang digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal dari babi. Porcine sering digunakan di dalam bidang pengobatan/ medis untuk menyatakan sumber yang berasal dari babi.

Masyarakat perlu berhati-hati dengan istilah lain yang merujuk pada babi misalnya cu nyuk yang berarti daging babi. Kalau dalam mandarin istilahnya cu rou atau kalau di Eropa namanya ham. Di Jepang, daging babi diistilahkan dengan nama yakibuta. Kalau dalam bahasa Korea, istilahnya Samgyeopsal (daging perut babi yang dipanggang menggunakan/tanpa bumbu) dan Makchang gui (jeroan di babi panggang).

Tak hanya di tingkat internasional, bahkan olahan babi juga mendapatkan nama lokal. Misalnya Bak Kut Teh (makanan Yionghoa dengan kaldu iga babi di Riau), saksang (olahan daging babi dari Tapanuli).

Berita Lainnya:

 
Jika anda menemukan istilah-istilah di atas, segera tinggalkan produknya. Gunakan produk sejenis yang sudah terbukti halal dan mendapatkan sertifikat. [Radar Islam/ Tribunnews]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...