Uc Banner

Biasakan Membaca Sayyidul Istighfar Karena Keutamaannya Sangat Luar Biasa

Radarislam.com ~ Istighfar yang paling sempurna adalah sayyidul istighfar atau penghulu istighfar. Sebagaimana yang ada dalam shahih Al Bukhari dari Syaddad bin Ausradhiyallahu ‘anhu  dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda “Penghulu istighfar adalah jika engkau mengucapkan.”

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya : Ya Allah! Engkau adalah Rabbku, tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau].” (HR. Bukhari no. 6306)

Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

1. Masuk Surga

Dalam hadits yang merupakan lanjutan dari hadits di atas, Rasulullah bersabda;


"Barangsiapa mengucapkannya disiang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penduduk surga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka ia termasuk penduduk surga.”
(HR. Al-Bukhari – Fathul Baari 11/97)

“Berbahagialah bagi orang yang mendapati dalam catatan amalnya istighfar yang banyak”
(HR. Al Baihaqi, Imam Ahmad dalm Az Zuhd . Lihat Shahih Al Jami’ no. hadits 3930). ‌

Keutamaan membaca sayyidul Istighfar atau king of istghfar sudah dijelaskan di atas yaitu ketika meninggal dihari saat kita membaca Sayyidul Istighfar, maka Allah akan menjanjikan surga.

2. Diampuni Dosa

Istighfar adalah bacaan yang berharap agar kita diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT atas kesalahan dan khilaf yang terjadi. Bacaan ini menandakan betapa kecilnya kita di hadapan Allah. Kita, manusia, adalah tempatnya khilaf dan salah. Dengan membaca istighfar, kita berharap dosa-dosa kita itu diampuni.

3. Bentuk Syukur atas Nikmat Allah

Dalam bacaan sayyidul istighfar tersebut juga terdapat pengakuan atas nikmat yang diberikan Allah SWT pada kita. Membaca istighfar ini juga merupakan bentuk wujud syukur manusia pada Allah ta’ala.

4. Dicintai Allah


Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri." (QS.al-Baqarah: 222).

Ya, Allah senang terhadap orang yang yang beristighfar dan memohon ampun pada Allah. Sebab dalam istighfar itu terkandung makna bahwa manusia ingin menjadi lebih baik. Dengan mengakui kesalahan yang telah terjadi dan berniat untuk tidak lagi mengulanginya.

5. Mencegah Azab

Firman Allah seperti termaktub dalam QS. Al-Anfal ayat 33: "Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun."

Keutamaan orang yang memohon ampun pada Allah SWT adalah dapat terhindar dari azab. Sebab Allah tidak akan mengazab umatnya yang bertaubat dan memohon ampun.

6. Memperlancar Rizki


Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya."(HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

Dosa-dosa yang kita lakukan bisa menjadi penghambat kelancaran rizki kita. Oleh karenanya, dengan membaca istighfar dan memohon ampun pada Allah, semoga dosa-dosa yang kita lakukan itu dapat dihapuskan.

7. Membersihkan Hati

Istighfar dapat membersihkan hati kita. Banyak hal yang dapat menyebabkan hati kita menjadi kotor. Dengan beristighfar diharapkan hati kita bisa menjadi bersih.

Seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,"Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya."(HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).

8. Ketenangan Batin

Istighfar adalah bentuk pengakuan atas segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat. Hanya dengan memohon ampunan-Nya, batin kita bisa menjadi tenang.

Nah, itulah beberapa keutamaan dari beristighfar. Membaca sayyidul istighfar ini perlu kita biasakan setiap hari, supaya kita bisa menjadi orang yang beruntung karena diampuninya dosa kita oleh Allah SWT.

Demikian beberapa keutaman membaca Sayyidul Istighfar yang sangat luar biasa.
Dari namanya sudah jelas bahwa istighfar yang ini adalah yang menduduki peringkat satu jika ingin membacanya. Jangan sampai bacaan sayyidul istighfar ini ditinggalkan sedangkan istighfar yang lain selalu dibaca.

Artikel Terkait:

- Menyibak Misteri Pohon Tuba Dalam Islam, Salah Satu Tumbuhan Di Surga
- 5 Tindakan Wanita Ini Dihitung Sebagai Zina Meskipun Tidak Berzina, Muslimah Harus Tahu!
- Satu Hal ini Membuat Amal Ibadah Tidak Dicatat Malaikat Meskipun Rajin Sholat, Inilah Penyebabnya
 
Memang tak ada aturan kita harus membaca istighfar tertentu. Tetapi seandainya diurutkan macam-macam bacaan istighfar yang ada, maka inilah yang harus dibaca pertama kali. [Radarislam/ Bs]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...