Inilah Penyebab Kenapa ‘Fitsa Hats’ Habib Novel Menjadi Guyonan dan Viral di Media Sosial - Radar Islam
loading...

Inilah Penyebab Kenapa ‘Fitsa Hats’ Habib Novel Menjadi Guyonan dan Viral di Media Sosial

Radarislam.com ~ Berita Acara Pemeriksaan atau BAP saksi pelapor kasus penistaan agama oleh Ahok, Novel Bamukmin, menjadi viral di media sosial. Dalam BAP itu, terdapat keterangan yang menunjukkan bahwa Novel pernah bekerja di Pizza Hut. Yang unik, penulisan kata Pizza Hut tersebut menjadi ‘Fitsa Hats’. Netizen pun langsung heboh mengomentari.

Pada keterangan riwayat pekerjaan disebutkan bahwa ‘Tahun 1992 sampai 1995 bekerja di Fitsa Hats’. Penulisan kata ‘Fitsa Hats’ inilah yang mendapatkan sorotan banyak pihak termasuk Ahok. Belum diketahui maksud penulisan kata tersebut. Memang salah ketik ataukah memang disesuaikan dengan ejaan Bahasa Indonesia.

Netizen pun langsung menuangkan berbagai komentar untuk penulisan yang unik dari restoran cepat saji ini.

Ahok pun turut memberikan responnya terhadap penulisan kata ‘Fitsa Hat’ di BAP Novel tersebut. Dia menganggap bahwa Novel malu bekerja di perusahaan asal Amerika itu. Jadi Novel menulisnya dengan ‘Fitsa Hats’ bukan ‘Pizza Hut.’

“Nama saksinya adalah Habib Novel. Dia bekerja mulai tahun ’92 sampai ’95 di Pizza Hut. Tapi dia mungkin malu bekerja di Pizza Hut. Itu kan punya Amerika. Jadi dia sengaja nulis Fitsa Hats,” jelas Ahok usai sidang seperti dikutip Radarislam.com dari laman Detik.com.

“Dia memang sengaja ubah. Saya kasih lihat ya. Saya sendiri sampai ketawa. Dia sih ngakunya nggak memperhatikan. Padahal dia tanda tangan semuanya,” ujar Ahok memegangi berkas identitas Novel. Menurut Ahok, Novel melakukannya lantaran malu dipimpin oleh orang yang tidak seiman dengan dia.

“Saya rasa dia malu karena dia bilang tak boleh dipimpin oleh orang yang tidak seiman, kafir,” pungkas Ahok.

Sampai hari ini, cuitan ‘Fitsa Hats’ menjadi trending topic nomor satu di Indonesia semenjak Selasa malam. Netizen pun banyak menyebarkan berbagai macam meme dengan tulisan tersebut beserta gambar-gambar yang lucu.

M
engenai kesalahan penulisan Pizza Hut menjadi 'Fitsa Hats' di Berita Acara Pemeriksaan (BAP), kata
Novel  Bamukmin, itu merupakan kesalahan dari pihak kepolisian yang mengetik BAP tersebut.

"Jadi saya di-BAP, saya tinggal jawab. Yang mengetik polisi, yang ketik polisi yang memang sekarang mendekati masa pensiun. AKP Tarmadi yang tak mengerti, tak paham penulisan PH yang sebenarnya," tuturnya.

Sementara itu, menurut Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Agus Andrianto, membantah telah terjadi kesalahan penyidik soal penulisan Pizza Hut menjadi 'Fitsa Hats' dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Sekjen DPP FPI DKI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin, dalam kasus dugaan penistaan agama yang kini tengah disidangkan dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

"Itu bukan salah penyidik lah. Kan setelah BAP diketik, penyidik minta yang bersangkutan untuk membaca ulang. Apabila yang bersangkutan tidak mengoreksi maka penyidik tidak berani mengubah," tegas Agus Andrianto saat dihubungi, Rabu (4/12/2016).

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, berdasarkan standard operating procedure (SOP) saat BAP, saksi atau tersangka yang diperiksa selesai itu akan diminta membaca kembali BAP-nya. Apabila ada yang dikoreksi, maka akan diubah sesuai dengan koreksian yang bersangkutan. Apabila tidak ada yang ‎diubah selanjutnya diminta tanda tangan.

"‎Selesai BAP kan yang bersangkutan diminta koreksi, dia harusnya baca ulang," tandasnya.
Sebenarnya jika diteliti, banyak kesalahan penulisan lainnya dalam BAP, seperti 'Attahiriyah' yang ditulis 'Atahiriah', 'Assafiiah' ditulis 'Asaviiah', 'Ekspor' atau 'Export' ditulis 'Ekport'. Sehingga banyak menimbulkan komentar Netizen

"Tentang Universitas, TIDAK ADA Universitas Atahiriah, yang ada adalah UNIVERSITAS ISLAM ATTAHIRIYAH. Dan pada Fakultas Agama Islam Universitas Islam Attahiriyah TIDAK ADA Jurusan HUKUM ISLAM." tulis @Ahmad.ibnusaid
.

"Wah, perlu dicheck kebenarannya lagi nih, jangan jangan .....?" tulis @dimaspram


Bejo bejo: bruakakakakakakaka.......gue ntar nyuruh ojek online aahh untuk muterin jakarta nyari restoran fitsa hats... bruakakakakakaka..

Samuel Setiawan: ngakak abis baca komen2 di sini. nih novel jadi bahan tertawaan se-indonesia.

Momo: @brama.kumbara setuju, lagipula masa sih pelafalan pake f didepan dan s di belakang, mungkin pas diminta keterangan emang ngomongnya agak ga jelas. terus, ada ya orang(polisi) yg ga pernah denger pizza hut, sampe bisa salah ketik. lebih mungkin mana sama sengaja di pelintir?

Baca Juga:
- Fitsa Hats Jadi Trending Topic, Ini Tanggapan Pizza Hut dan Karyawannya

Optimus Prime: om fitsa hats om
[Radar Islam/ Detik]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...