Saat Si Kecil Bertanya Kenapa Harus Sholat, Zakat dan Puasa, Begini Jawabnya - Radar Islam

Saat Si Kecil Bertanya Kenapa Harus Sholat, Zakat dan Puasa, Begini Jawabnya

Radarislam.com ~ “Sayang, yuk kita sholat. Sudah adzan,” jelas ibu kepada anaknya yang sedang menyaksikan televisi.

“Sebentar lagi ya bu. Ini masih asyik,” jawab sang anak.

Ibu itu lalu mendekati anaknya seraya berkata, “Tidak baik menunda sholat. Yuk sholat.”

Dengan malas, si kecil beranjak dari tempatnya. 

“Iya deh.”

Dia nampak kecewa karena setiap kali santai atau bersenan-senang, anak itu selalu diminta sholat. Sedang enak bermain atau tidur, disuruh membaca Quran dan atau pergi ke Masjid. Dia pun bertanya kepada ibunya.

“Bu, kenapa kita harus sholat, puasa, baca Al Quran serta belajar? Itu kan akan mengganggu semua kesenangan kita. Menurut saya, itu tidak ada hasilnya,” keluh si anak.

Ibu itu terdiam dan tertegun memikirkan jawaban dan penjelasan apa yang tepat untuk sang anak. Dia paham bahwa anaknya belum memahami apapun kecuali bermain dan bersenang-senang. Ibu itu beranjak sembari mengambil sebuah lampu yang melekat pada dindining kamar anaknya.

Tak lama kemudian, dia pun berkata “Anakku sayang, kamu lihat lampu itu. Indah kan? Terbuat dari kaca yang bening dan bentuknya lonjong. Kita bisa menggunakannya untuk belajar, memasak, menonton TV, mengerjakan PR. Tidak lain karena lampu itu.”

“Kamu tahu kenapa lampu itu menyala?” tanya si ibu.

“Karena ada listrik,” jawab si anak.

“Benar. Apa yang menghubungkan listri dengan bola lampu itu?”

“Kabel, Bu.”

“Benar jawabanmu. Kamu tahu kan kalau tidak ada kabel, lampu tidak bisa menyala. Dia tidak berguna lagi. Kita tidak bisa menonton TV ataupun belajar.”

Anak itu belum memahami mengapa ibunya bercerita soal lampu.

“Maksudnya bu?”

“Sayang, Allah itu sumber cahaya. Sementara kita adalah lampunya. Ibadah yang kita kerjakan adalah penghubung atau kabel antara Allah dengan kita. Jika kita tidak melaksanakan ibadah, hidup kita gelap. kita akan tersesat serta tidak bermanfaat sedikit pun. Tidak ada gunanya lampu yang tidak bersinar.”

“Sholat, sedekah, membaca Quran maupun belajar adalah penghubung kita dengan Allah. Si anak pun langsung tertegun. Dalam hatinya, dia menyesal karena menganggap ibadah sepele. Dia mengatakan “Kalau begitu, aku tidak akan meninggalkan sholat lagi serta membaca Al Quran tanpa diminta sekalipun. Maafkan saya, Bu!”  [Radar Islam/ BS]
Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...