Grogi Sebut Ikan Tongkol jadi Ikan Kon*** , Video Tanya Jawab Presiden dan Siswa SD ini Jadi Viral

Radarislam.com ~ Seperti sudah jadi kebiasaan, saat Presiden Jokowi menghadiri suatu acara, Ia pasti mengundang para siswa untuk diberikan hadiah sepeda. Jokowi akan memberikan beberapa pertanyaan ringan kepada anak-anak sebelum sepeda tersebut dibagi-bagikan.

Demikian saat Jokowi mendatangi peresmian Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang bertempat di JIEXPO Kemayoran. Jokowi juga melakukan hal yang sama. Ia mengundang beberapa siswa untuk naik ke atas panggung. Namun ada kejadian yang menggelitik yang membuat Jokowi dan Hadirin tak kuasa menahan ketawa bercampur malu.

Ketika giliran siswa kelas 3 SD yang bernama Arie mendapat pertanyaan dari Jokowi. Presiden Jokowi meminta Arie untuk menyebutkan 4 jenis ikan, lalu Arie menjawab dengan menyebutkan, ikan lele, ikan teri, ikan paus, dan ikan tongkol.

Namun, sebelum menyebutkan ikan tongkol di hadapan Jokowi, Arie menyebutkan kata yang membuat semua orang tertawa serta menjadi canggung. Bermaksud ingin menyebutkan ikan tongkol, eh Arie malah menyebut ikan k*nt*l.

"Di laut ini kan banyak ikan, sebutkan empat saja nama ikan." kata Jokowi membuka pertanyaan

Ikan rere," jawab Ari disambut tawa seisi ruangan. Jokowi membenarkan yang dimaksud Ari adalah ikan lele.

"Ikan pa-us (paus -red)," ungkap Ari dengan pelafalan yang membuat seisi ruangan tertawa.

"Ikan teri," ucap Ari.

Jokowi kemudian meminta Ari menyebutkan nama satu ikan lagi. Ari terdiam beberap saat, sebelum menjawab ikan "k*nt*l".

Jawabannya kontan membuat yang hadir tertawa termasuk Jokowi. Namun Jokowi dengan sabar membenarkan pelafalan jenis ikan yang satu ini.

"Ikan k*nt*l," papar Ari.

"Ikan tongkol," kata Jokowi dengan sabar membenarkan.

Saat diminta mengulang jenis-jenis ikan yang sudah disebutkan, Ari kembali salah melafalkan ikan Tongkol menjadi ikan k*nt*l. Merasa kesulitan dan selalu salah sebut, Arie terlihat menepok-nepok mulutnya sendiri. Menyadari hal itu, suami Iriana Joko Widodo itu dengan sabar kembali membenarkannya dan menyuruh Ari langsung mengambil hadiah.

"Keempat, ikan tongkol. Udah, diambil sepedanya," imbuh Jokowi.

Peristiwa itupun kini telah beredar viral di media sosial dan videonya banyak diunggah di Youtube.


Baca Juga:

Namun KPAI cepat bereaksi dan meminta masyarakat agar tidak terus menyebarkan video siswa yang salah menyebut kata ikan tongkol tersebut. Pasalnya, penyebarannya bisa berakibat tidak baik bagi pertumbuhan anak. [Radar Islam/ Rn]

Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...