Uc Banner

Ahok-Djarot Unggul di TPS Markas FPI, Panitia Lakukan Perhitungan Ulang, Suara No.2 Malah Bertambah

Radarislam.com ~ Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI telah berlangsung. Banyak embaga survey yang melakukan quick count siapa yang unggul di antara ketiga pasangan calon.

Namun ada yang menarik saat penghitungan suara di TPS 17 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Dikutip Radarislam.com dari laman Tempo.co (15/2/2017), di TPS ini ternyata pasangan calon nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, unggul dengan raihan 278 suara.

Padahal diketahui, wilayah Petamburan merupakan markas Front Pembela Islam (FPI) sekaligus tempat pemimpin FPI Habib Rizieq Syihab mencoblos. TPS ini juga terletak sekitar 100 meter dari rumah Rizieq dan markas FPI.

Panitia pun memutuskan untuk melakukan penghitungan suara karena ada perbedaan dengan catatan saksi. Panitia menghitung surat suara berjumlah 533, sedangkan ketiga saksi menghitung ada 534.

Dalam hasil penghitungan suara di TPS tersebut, pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memperoleh 212 suara. Pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni hanya mendapat 38 suara. Sedangkan jumlah surat suara yang tidak sah hanya 5 suara.

Selain itu, jumlah daftar pemilih tetap di TPS ini sebanyak 724 orang. Adapun jumlah kertas surat suara sebanyak 743 lembar. Jumlah ini disebabkan ada penambahan 2,5 persen, yaitu 19 surat suara cadangan. 533 orang telah menggunakan hak suaranya sebanyak. Sedangkan sisa kertas suara sebanyak 210 lembar.

Sebenarnya proses penghitungan suara di TPS ini berlangsung begitu meriah. Warga yang menyaksikan penghitungan suara akan bertepuk tangan dan mengucapkan Alhamdulillah ketika pasangan calon nomor 1 dan 3 mendapat suara.

Jika pasangan calon nomor urut 2 yang meraih suara, warga akan memberikan sorakan “Hu...,” yang umumnya dari ibu-ibu dan anak-anak. Tapi sangat aneh ketika pasangan Ahok.- Djarot yang malah unggul di TPS ini.


Tak hanya itu, selain menang di TPS 17 Petamburan, pasangan AHOK-Djarot juga unggul cukup jauh dengan perolehan 286 suara di TPS 6, tempat Agus Harimurti mencoblos.

Pasangan calon nomor urut 1 Agus-Sylviana Murni menempati posisi kedua dengan perolehan 127 suara. Adapun Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengantongi perolehan 66 suara, alias di urutan terakhir.

"Ini hasil akhirnya, Pak Ahok di sini unggul 286," ujar petugas KPPS Immanuel Partogi TPS 06, Jalan Cibeber I, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).
[Radarislam/ Tmp]

Berita Terkait:

Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...