Jika Orang Tua Sudah Meninggal, Jangan Buat Mereka Sedih dengan Perbuatan Ini - Radar Islam
loading...

Jika Orang Tua Sudah Meninggal, Jangan Buat Mereka Sedih dengan Perbuatan Ini

Radarislam.com ~ Orang tua menjadi ladang pahala bagi seorang anak menuju surga. Allah akan memberikan surga seluas langit dan bumi kepada siapapun yang berbakti pada orang tuanya. Tapi siksa-Nya yang amat berat juga menanti bagi yang durhaka terhadap orangtua.

Ketahuilah, berbakti pada orang tua sebenarnya tak terbatas apakah mereka masih hidup atau telah meninggal. Bahkan sejumlah riwayat menyebutkan berbuat baik kepada orang tua sudah tiada daripada saat masih hidup.

Yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orangtua yang telah meninggal adalah mendoakan, bergaul dengan kerabat, beramal shaleh dan yang lainnya.

Selain itu, ada juga larangan yang hendaknya dihindari oleh anak saat orang tuanya telah tiada. Karena jika hal ini dilakukan maka orang tua akan merasakan kesedihan dan malu kepada sesama penghuni akam kubur.

Hal tersebut tertulis jelas dalam Al Wa’dul Haq yang dikutip oleh Dr Umar Abdul Kafi dimana Rawabah bin Abdullah menuturkan:

Setiap kali melakukan kebaikan, aku melihat ayahku tersenyum di dalam mimpiku. Beliau berkata, Semoga Allah Ta’ala memuliakanmu dengan kebaikan. Engkau telah memuliakan aku di antara para penghuni kubur.

Beberapa saat kemudian Rawabah absen dalam kebaikan dan justru lebih banyak melakukan perbuatan yang tidak berpahala dan perbuatan dosa. Rawabah pun melihat kondisi ayahnya dalam keadaan yang berbeda.

Tatkala aku terjerumus dalam perbuatan buruk, aku melihat ayahku menggigit jari-jemarinya. Beliau bertutur, ‘Engkau telah membuatku sedih, anakku. Jangan kau ulangi lagi. Karena aku tidak berani bertemu dengan para penghuni kubur lainnya (lantaran rasa malu)".

Baca Juga:

Untuk itulah, bahagiakan orang tua yang sudah tiada dengan memperbanyak amal ibadah dan menjauhi maksiat. Sebab tak hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri. Tetapi juga kebanggaan orang tua di alam kubur sana. Wallahualam [Radarislam/ Km]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...