Uc Banner

Kenapa Al-Malhamah dan Dukhan Begitu Ditakuti Dajjal, Inilah Sebab dan Penjelasannya


Radarislam.com
~ Tentu Anda sudah mengetahui salah satu tanda berakhirnya dunia adalah munculnya Dajjal yang menebar fitnah dan kehancuran di muka bumi.


Sosok Dajjal bukanlah monster atau raksasa, ia berwujud manusia biasa. Dajjal pun memiliki suatu hal yang disenangi dan ditakuti. Ia sangat senang jika banyak orang yang menjadi pengikutnya. Tetapi ia akan takut dengan sesuatu yang menimpanya yakni meteor ke bumi (al-Malhamah). Jatuhnya meteor ini menyebabkan ledakan yang dahsyat. Debu-debunya yang membumbung kemudian membentuk kabut/ asap atau dukhan.

Inilah menyebabkan Dajjal menjadi cacat dan pasukannya hancur lebur. Suatu ketika Rasulullah SAW pernah mendatangi Ibnu Shayyad untuk menguji apakah dia Dajjal atau bukan, maka dari itu Rasulullah menanyakan tentang perkara dukhan (kabut).

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Dzar RA berkata:
"Kemudian Rasulullah bertanya kepadanya (Ibnu Shayyad), ‘Sesungguhnya saya menyembunyikan sesuatu kepadamu.’ Dia (Ibnu Shayyad) berkata, ‘Engkau menyembunyikan bagian depan hidung dan mulut kambing serta ad-dukh (asab) kepadaku'.
Kata Abu Dzar, “Ia hendak mengucapkan ad-dukhaan (asap/kabut) tetapi tidak dapat, lalu ia mengucapkan ad-dukh, ad-dukh
.”

Dalam firman Allah SWT terpapar tentang ad-dukhan di sini:
 “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut (dukhan) yang nyata. Yang meliputi seluruh manusia. Inilah azab yang pedih" (Q.S ad-Dukhan : 10 - 12).

Rasulullah sangat memahami bagaimana menguji seseorang itu Dajjal atau bukan, yaitu dengan menanyakannya tentang dukhan. Dengan munculnya dukhan inilah, maka Dajjal menjadi ‘terhapus’. Yang dimaksud 'terhapus' adalah cacat, yakni buta sebelah, terdapat tulisan kafir di dahinya. Almasih juga menyebut Dajjal dengan sebutan 'terhapus' dari kondisi fisiknya.

Seluruh orang kafir dan yahudi yang berada di Khurasan pun akan mengalami kondisi pembengkakan dari kepala sampai kaki. Sebagaimana disebutkan dlam hadis riwayat Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Dajjal akan keluar di bumi bagian timur yang disebut Khurasan. Ia takuti oleh beberapa oleh beberapa kaum yang wajah mereka seperti perisai yang dipukuli.”

Yang dimaksud kalimat wajahnya seperti perisai yang dipukuli adalah menggambarkan bahwa wajah mereka bengkak-bengkak akibat al-Malhamah dan dukhan. Bahkan bengkak tersebut akan membekas seperti habis dipukuli atau benjol-benjol.

Kesimpulannya sosok Dajjal dalam kondisi cacat adalah disebabkan dukhan dari al-Malhamah. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Muslim dan Ahmad dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Sesungguhnya Dajjal akan keluar karena suatu kemarahan.”

Artinya, Dajjal akan keluar karena adanya kemarahan yaitu al-Malhamah (huru hara besar sebelum kiamat/ kemarahan besar).

Baca Juga:


Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari fitnah Dajjal kelak. Amiin. [Radarislam/Kc]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...