Jangan Ragu Bersedekah, Inilah Faedahnya yang Menakjubkan

Radarislam.com ~ Peribahasa tentang tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah memang benar adanya. Sebab orang yang bersedekah tak akan merugi saat ia memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.


Sedekah memang memiliki faedah luar biasa dimana amalan ini kelak menjadi pelindung kelak di hari kiamat saat manusia lain sibuk dengan urusan masing-masing. Hal ini dipaparkan dalam sebuah hadits:

Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sodaqohnya”. (HR. Ahmad)

Faedah lain dari sedekah yang dilakukan seorang muslim antara lain:

1. Pahalanya Akan Berlipat Ganda

Sebagaimana dituliskan dalam Firman Allah SWT:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Orang yang bersedekah dengan ikhlas tak akan merugi, justru pahalanya akan dilipat gandakab oleh Allah.

2. Mendapat naungan di hari akhir

Berbahagialah orang yang selalu bersedekah sebab ia akan mendapat perlindungan Allah SWT dari segala marabahaya bahkan sampai di hari akhir nantinya.

Rasulullah SAW pernah berkata dalam sebuah hadits:

Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Hadits ini menjelaskan tentang adanya 7 tipe manusia yang memperoleh perlindungan di hari akhir dari Allah Ta’ala. Salah satu jenis amalan itu adalah manusia yang gemar bersedekah dengan tangan kanannya.

3. Menghapus Dosa-Dosa


Rasulullah SAW bersabda:
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Dari Hadits tersebut, sedekah tak hanya bisa menghapus dosa, tapi sedekah yang juga disertai dengan bertaubat, baru setelah itu dosanya benar-benar mendapat pengampunan.

Jika ada orang yang berbuat hal buruk dengan korupsi, melakukan riba, merampok, mengambil harta anak yatim, dan sebagainya. Kemudian ia menyedekahkan harta dari perbuatan tersebut demi menghapus dosa-dosanya.  Maka hal ini sebagai dosa besar.

Baca Juga:


Itulah faedah bersedekah, semoga niat kita selalu di luruskan hanya untuk mengharap ridha Allah.  Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Ip]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...