Setan Mengganggu Manusia Dari Segala Penjuru, Kecuali Arah Ini

Radarislam.com ~ Setan menjadi musuh utama manusia sebab makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari api ini selalu menggoda manusia untuk berbuat dosa.


Dalam QS. Al-A’raf telah dituliskan bahwa setan akan terus menyesatkan dan menggoda manusia agar berpaling dari Allah dan banyak melakukan dosa, selain itu mereka juga akan selalu menghalangi manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Saat dikutuk Allah setelah menggoda Adam dan Hawa setan akan abadi di neraka. Setan menjerat manusia untuk menjadi kawannya di neraka. Untuk itu berbagai cara dan tipu muslihat setan lakukan agar menyesatkan manusia agar berpaling dari Allah.

S
etan berupaya menggoda manusia dari berbagai arah. Dalam QS. Al-A’raf ayat 17 dipaparkan setan akan menggoda manusia dari segala arah yaitu dari arah depan, belakang, kanan, dan kiri. Apakah maksud arah depan, belakang, kanan, dan kiri tersebut?

Menurut Syeikh Ibnu Muflih, arah depan yang dimaksud adalah arah akhirat.  Dimana setan memperdaya manusia bahwa alam akhirat yang banyak digambarkan dalam Al-Qur’an dan hadist hanya rekayasa dan tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Ia meracuni pikiran dan hati manusia bahwa neraka, surga, dan hisab tidak pernah ada. Setan mempengaruhi jika semua itu hanyalah bualan semata sehingga manusia tidak perlu takut berbuat dosa dan ingkar kepada Allah SWT.

Setan juga menggoda manusia dari arah belakang. Dalam artian, setan akan membuat manusia selalu mengejar duniawi sehingga iman mereka menciut. Mereka lebih banyak mengejar harta dan kekuasaan ketimbang tunduk pada Allah SWT.

Yang terakhir adalah arah kiri dan kanan dimana setan menjerat manusia. Dari arah kiri, setan mengajak manusia untuk terbiasa berbuat dosa dan maksiat tanpa merasa bersalah.

Sedangkan arah kanan, setan akan mengaburkan kebenaran pada mata manusia. Sehingga akhirnya manusia tak mementingkan keadilan, kemanusiaan, dan kebenaran sehingga terjerumus dalam kubangan dosa.

Baca Juga:


Namun setan tak akan bisa menggoda manusia arah atas. Menurut Imam Qatadah setan tidak akan mampu menggoda manusia dari arah atas karena  arah ini merupakan rahmat Allah SWT yang berada di atas semua makhluk ciptaan-Nya. [Radarislam/ Km]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...