Tipe Wanita Ini Akan Kenakan Gelang dari Api Neraka Saat Kiamat, Inilah Penyebabnya - Radar Islam

Tipe Wanita Ini Akan Kenakan Gelang dari Api Neraka Saat Kiamat, Inilah Penyebabnya


Radarislam.com
~ Berbahagialah para wanita, mereka dijamin Allah sangat mudah untuk menjangkau surga. Wanita yang begitu berbakti pada suaminya sudah tentu akan menjadi penghuni tempat terindah ini.


Namun sayangnya, banyak juga yang ingkar. Bahkan neraka malah banyak didominasi oleh wanita. Mereka banyak menerima dera dan siksa sebagai balasan perbuatan di dunia. 

Salah satu siksaan yang diterima adalah dikenakannya dua gelang dari api neraka. Panasnya yang tak terbayangkan akan menyentuh kulit. Walaupun menjerit dan memohon ampunan akan sia-sia. Sepanjang di neraka gelang yang panasnya maha dahsyat ini akan terus dipakainya. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa dosa wanita ini?

Para wanita yang dikenakan gelang panas dari neraka ini adalah mereka yang gemar menggunakan perhiasan tetapi tidak mengeluarkan zakat atas "barang merah" tersebut.

Mirisnya, banyak wanita menjadikan perhiasan sebagai ajang pamer untuk menunjukkan kelas sosial mereka di masyarakat, bahkan menarik pria yang bukan mahram. Apalagi jika wanita tersebut tidak mengeluarkan zakat atas perhiasan yang mereka pergunakan.

Diceritakan dari Amr bin Syu’aib dari bapak dari kakeknya, ia berkata bahwa,

Ada seorang wanita yang datang kepada Rasulullah bersama dengan anak wanitanya, di tangannya ada dua buah gelang besar yang terbuat dari emas.
Maka Rasulullah pun bertanya kepadanya, “Apakah engkau telah mengeluarkan zakat emas itu?”
Wanita itu menjawab, “Belum.”
Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah engkau akan merasa senang jika nanti Allah akan memakaikan kepadamu pada hari kiamat dengan dua gelang dari api neraka.” Wanita itu pun lalu melepas kedua gelangnya dan memberikannya kepada Rasulullah sambil berkata, “Keduanya untuk Allah dan Rasul Nya
.” (HR. Abu Daud no. 1563 dan An Nasa’i no. 2479. Syaikh Al Albani)

Selain itu, Allah Ta’ala berfirman:

Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari di panaskan emas perak itu dalam neraka jahannam , lalu di bakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka : Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (Q.S At-Taubah : 34 - 35).

Dari Abu Hurairah menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang memiliki emas atau perak namun tidak mengeluarkan zakatnya maka pada hari kiamat nanti akan disepuh untuknya lempengan yang terbuat dari api neraka, lalu dipanaskan dalam api neraka Jahannam, kemudian disetrika dahinya, rusuk dan punggungnya dengan lempengan tersebut. Setiap kali lempengan itu dingin maka akan disepuh lagi dan disetrikakan kembali kepadanya pada hari yang ukurannya sama dengan lima puluh ribu tahun. Kemudian ia akan melihat tempat kembalinya apakah ke surga ataupun ke neraka.” (HR. Muslim no. 987)

Demikian dengan zakat yang dikeluarkan pada emas dan perak, wajib pula hukumnha mengeluarkan zakat perhiasan setiap tahunnya. Namun dengan catatan saat sudah mencapai haulnya yaitu 1 tahun hijriyah dan selama masih mencapai nisbab. Jadi jika kita mempunyai emas dan perak wajib bagi kita untuk mengeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 %.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada kewajiban atas kamu sesuatu pun yaitu dalam emas sampai memiliki 20 dinar. Jika telah memiliki 20 dinar dan telah berlalu satu haul, terdapat padanya zat 1/2 dinar. Selebihnya dihitung sesuai dengan hal itu, dan tidak ada zakat pada harta, kecuali setelah satu haul” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Baca Juga:


Semoga bermanfaat! [Radarislam/ IY]
Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...