Video: Mobil Toyota Etios Milik Pengemis di Magetan Terjaring Razia Satpol PP - Radar Islam
loading...

Video: Mobil Toyota Etios Milik Pengemis di Magetan Terjaring Razia Satpol PP

Radarislam.com ~ Profesi pengemis kini menjadi pekerjaan yang menjanjikan cepat kaya. Bahkan kebanyakan orang malah sengaja beralih profesi menjadi pengemi. Berbagai macam modus dilancarkan agar meyakinkan bahwa mereka memang benar-benar membutuhkan belas kasihan.

Dengan bermodalkan pakaian lusuh dan wajah memelas, seringkali pengemis juga ditemui berpakaian sopan yang katanya berjuang demi terlaksananya pembangunan mesjid, pembangunan pesantren, bahkan donasi untuk panti asuhan.

Anda pasti kaget dengar berita ini. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berhasil menjaring komplotan pengemis yang anggap meresahkan di kawasan wisata Telaga Sarangan. Yang paling menarik pengemis-pengemis terorganisir yang mengatasnamakan aksi bela yayasan itu dalam operasinya menggunakan mobil Toyota Etios yang diparkir di pelataran masjid At-Taqwa, Sarangan, Magetan.

Dengan berpakaian dan peci serba putih, serta sarung, mereka beroperasi di kawasan wisata Telaga Pasir meminta-minta belas kasihan para wisatawan dengan menjual nama pesantren di Tangerang, Jawa Barat.

Petugas sempat dibuat tercengang, karena mereka ternyata membawa sebuah mobil Toyota Etios, yang diparkir di halaman Masjid Sarangan. Tetapi petugas curiga, karena selama ini peminta sumbangan keliling sering mengaku dari kalangan tidak mampu dan berpenampilan apa adanya, tanpa kemewahan. Mereka mengaku berasal dari Pasuruan dan meminta sumbangan atas nama panti asuhan di Tangerang, Banten.

Kasi Penegakan Perda Satpol PP Magetan, Khamim Bashori, menerangkan, selain adanya keluhan dari pengunjung atau pedagang Sarangan razia dilakukan karena sesuai aturan.

“Sesuai Perda nomor 3 tahun 2014, tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, tidak diperbolehkan mengamen atau meminta-minta di kawasan wisata,” tegas Khamim.

Petugas Satpol PP menginterogasi, para peminta-minta yang mengatasnamakan yayasan. Diduga itu adalah yayasan fiktif untuk mengumpulkan uang dengan cara meminta sumbangan. Satpol PP akhirnya bekerjasama dengan kepolisian setempat untuk melakukan penyelidikan karena jawaban para peminta sumbangan itu mencurigakan dan berbelit-belit.

Baca Juga:

Berikut video razia jaring pengemis bermobil di Sarangan seperti dikutip JTV. [Radarislam/ Im/ Sd]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...