Walau Beda Agama, Para Mahasiswa Ini Rela Jadi Pagar Betis Lindungi Kawannya yang Shalat Jumat - Radar Islam
loading...

Walau Beda Agama, Para Mahasiswa Ini Rela Jadi Pagar Betis Lindungi Kawannya yang Shalat Jumat

Radarislam.com ~ Tak sedikit negara yang masyarakatnya masih menganut Islamophobia. Namun, para mahasiswa ini membuktikan bahwa Islam bukanlah agama yang menakutkan.

Mereka bukanlah seorang muslim atau pemeluk agama Islam. Tapi, atas kesadarannya sendiri mereka beramai-ramai menunjukkan sebuah aksi solidaritas.

Para mahasiswa di Universitas East Anglia (UEA), Norwegia, Inggris, membentuk sebuah pagar betis untuk melindungi kawan-kawannya yang melaksanakan ibadah salat Jumat di kawasan kampus.

Dengan bergandengan tangan dan membawa sejumlah tulisan yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ibadah, para mahasiswa ini mengelilingi kawan-kawannya yang salat.

Alasan mereka melakukan aksi ini sungguh sangat sederhana, namun benar-benar mulia. Mereka melakukannya agar petugas keamanan kampus tak membubarkan ibadah wajib bagi rekannya yang beragama Islam itu.

Salat Jumat di kawasan kampus memang baru pertama kali mereka lakukan. Ini merupakan sebuah aksi protes dari kebijakan kampus yang menutup tempat ibadah untuk Muslim.

Akibatnya, para mahasiswa Muslim di kampus tersebut kesulitan melakukan ibadah wajib mereka.

Aksi ini pun diunggah ke media sosial oleh mahasiswa lainnya. Puluhan mahasiswa tampak bergandengan dan membawa kertas “WE ARE JUST PRAYING”.

Di tengah-tengah pagar betis, tampak sejumlah mahasiswa Muslim, laki-laki dan perempuan, tengah bersiap melaksanakan salat Jumat.

Meski para mahasiswa ini bukanlah pemeluk Islam, namun mereka tak ragu untuk melakukan protes terhadap kebijakan kampus yang dianggap tak adil itu.

Bahkan, dengan bangganya mereka mengunggah foto-foto aksi tersebut ke media sosial dengan keterangan yang cukup menyentuh.

“Proud of my uni for coming together today to support the muslims who prayed outside to protest their facilities being shut #SaveOurSpace,” tulis Tai Rachel di Twitter.

Baca Juga:

Aksi solidaritas para mahasiswa ini menunjukkan bahwa perbedaan merupakan hal yang indah dan tak perlu dipertentangkan. Bahkan toleransi pun dijunjung dengan indah. [Radarislam/ Tn]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...