Foto Syur Firza Husein Dinyatakan Asli Oleh Tim Inafis Polri - Radar Islam
loading...

Foto Syur Firza Husein Dinyatakan Asli Oleh Tim Inafis Polri

Radarislam.com ~ Sepertinya kasus chat obrolan dewasa yang menyeret pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dan Firza Husein menemukan titik terang.

Pasalnya Penyidik Polda Metro Jaya meminta keterangan ahli face regonition (pengenalan wajah) dari Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri Heri Cahyono mengungkap foto-foto 'panas' yang tersebar dalam situs baladacintarizieq.com.

Dari penelusuran, Heri menegaskan foto-foto wanita di dalam situs tersebut adalah Firza Husein. Tubuh Firza pun dinyatakan asli bukan hasil rekayasa maupun editan.

"Dari pengamatan secara mendetail, disimpulkan bahwa foto yang diserahkan penyidik untuk diperiksa di Tim Inafis Bareskrim Polri adalah asli dan bukan rekayasa," ujarnya, di Mapolda Metro Jaya, (15/5/2017).

Heri menuturkan, untuk memastikan bahwa foto tersebut bukanlah rekayasa, ia melakukan pemeriksaan dengan algoritma biometri wajah. Hasilnya, foto-foto syur yang  beredar sangat cocok dengan foto yang diambil saat Firza Husein menjalani pemeriksaan dari beberapa angle yang berbeda.

"Saya tekankan, algoritma biometri wajah ini mendeteksi. Jadi mungkin secara detailnya, ada sistem-sistem yang dia memetakan ada titik-titik gemetrik wajah ini. Jadi meskipun dia.berkerudung atau dia ada rambutnya, dia secara sistem bisa membaca," jelasnya

Lanjut dia, sistem tersebut berfungsu secara otomatis menganalisa kecocokan wajah. Ketika wajahnya berbeda adalah orang berbeda, secara sistem akan menolak. Sementara saat pemeriksaan Firza mengenakan kerudung. Ia juga memastikan adanya kecocokan dari warna kulit Firza Husein di foto dan aslinya.

"Banyak ditemukan indikasi-indikasi keaslian warna kulit, kemudian proporsional ukuran dan efek pencahayaan. Ketika dia searah dan sinkron, kan terlihat," tandas Heri.

Kasus asusila yang menyeret nama Firze Husein berupa chat dewasa yang diduga melibatkan pimpinan FPI Rizieq Shihab sempat memghebohkan publik pada akhir Januari 2017. Polisi pun segera bertindak cepat dan meningkatkan perkara tersebut ke tahap penyidikan.

Firza pertama kali diperiksa terkait kasus tersebut saat ia ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sebagai tersangka dugaan pemufakatan makar, tetapi kini penahanannya telah ditangguhkan.

Saat ditahan, polisi juga menggeledah rumah Firza Husein dan menyita sejumlah barang bukti yang diduga berkaitan dengan kasus yang menimpanya tersebut.

Hingga saat ini, Firza tak juga mengakui foto tak senonoh yang beredar bersama chat 'panas' itu adalah dirinya. Begitu pula Rizieq yang menyatakan kasus chat tersebut adalah fitnah.

Tapi, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan menyatakan barang bukti yang disita dari rumah Firza Husein identik dengan foto-foto hot tersebut.

Baca Juga:

Apa pendapat Anda? [Radarislam/ L6]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...