Naudzubillah! Inilah 6 Golongan Manusia Yang Langsung Masuk Neraka Tanpa Hisab - RadarIslam.com

Naudzubillah! Inilah 6 Golongan Manusia Yang Langsung Masuk Neraka Tanpa Hisab

Radarislam.com ~ Allah SWT menciptakan surga dan neraka sebagai tempat terakhir sesuai amal dan perbuatan selama di dunia.



Pada hari kiamat kelak, semua manusia akan melalui hisab, yaitu perhitungan amal atas dosa dan pahala yang telah dikerjakannya ketika di dunia. Tetapi terdapat 6 golongan manusia yang akan dimasukkan ke dalam neraka tanpa hisab. Hal ini disebabkan dosa besar dan kemungkaran yang mereka lakukan ketika di dunia.

Abu Hurairah Ra berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda:

Enam golongan manusia yang akan dimasukkan ke neraka pada hari kiamat sebelum hisab (perhitungan amal) yaitu:

1. Penguasa yang zalim.
Pemimpin yang telah dipilih oleh rakyat dan diberikan amanah untuk memimpin negara. Tapi ia melakukan kezaliman kepada rakyat dan tidak berlaku adil. Oleh Allah SWT, pemimpin zalim ini tidak akan dapat mencium harum surga dan langsung diceburkan kedalam neraka sebelum hisab (perhitungan amal).

Ma’qil Ibnu Yasar Ra berkata:
Saya mendengar Nabi S.A.W bersabda maksudnya :
“Tidak ada seorang hamba yang Allah serahkan kepadanya untuk memimpin segolongan rakyat lalu ia tidak memelihara rakyatnya itu dengan menuntut dan memimpin mereka kepada kemaslahatan dunia dan akhirat melainkan tiadalah ia mencium bau syurga.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

2. Pemimpin yang Sombong
Sifat sombong adalah salah satu sifat yang sangat dimurkai oleh Allah SWT. Karena sesungguhnya tidak ada yang bisa disombongkan oleh manusia. Meskipun memilih kekuasaan dan kekayaan yang berlimpah, itu semua adalah milik Allah SWT. Jika Allah berkehendak, maka semua yang dimiliki tersebut dalam waktu singkat.

Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW berkata:
Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi dari kesombongan.”
Salah seorang berkata, “Sesungguhnya ada orang yang menyukai baju dan sandal yang bagus.”

Rasulullah SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (Hadis Riwayat Muslim)


3. Orang yang menyombongkan kebangsaannya (fanatik)
Islam melarang umatnya mengutamakan kemegahan atau ta’ashsub kepada sesuatu kaum/bangsa dan sifat seperti ini disebut memperjuangkan ashabiyah.

Seorang lelaki (ayah perempuan yang meriwayatkan hadis) bertanya: ‘Wahai Rasulullah, adakah dianggap ashabiyah puak orang yang sayang kepada kaum bangsanya?’ Jawab baginda S.A.W : ‘Tidak, tetapi ashabiyah ialah apabila seorang itu menolong bangsanya kepada kezaliman”. (Hadis Riwayat Abu Daud, Ibn Majah dan sebagainya)

4. Pedagang yang curang
Salah satu cara mencari rezeki yang dianjurkan oleh Allah SWT adalah dengan perniagaan atau berdagang. Kegiatan ini begitu dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Sebab dengan berdagang, akan memperoleg hasil laba yang berlipat ganda jika berusaha denga bersungguh-sungguh
Namun, jika perniagaan ini dilakukan dengan penipuan yakni menaikkan harga barang, mengubah ukuran timbangan atapun menimbun barang adalah sesuatu yang dilarang. Maka pedagang tersebut kontan masuk neraka tanpa dihisab.

5. Orang Bodoh yang mempertahankan kejahilannya
Islam adalah agama yang sangat memuliakan ilmu pengetahuan. Terlebih lagi jika ilmu yang dipelajari tersebut diamalkan dan disebarkan untuk dimanfaatkan oleh orang lain.

Nabi S.A.W. bersabda yang maksudnya, ”Barangsiapa menuntut ilmu berarti menuntut jalan ke syurga”. (Hadis Riwayat Muslim)

6. Ahli Ilmu karena dengan kedengkiannya
Hasad atau dengki diartikan sebagai sifat seseorang yang tidak suka jika melihat orang lain mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT. Bahkan, orang ini ingin kenikmatan tersebut hilang dari orang lain. Sifat ini adalah sifat yang miliki oleh Iblis karena ia merasa cukup iri hati kepada Nabi Adam as serta anak cucunya.

Dari Abu Yazid Usamah bin Zaid bin Haritsah Ra yang berkata:
"Aku mendengar Rasulullah S.A.W. bersabda yang bermaksud: ‘Seseorang didatangkan pada hari Qiyamat, lalu dilempar ke Neraka. Maka keluarlah isi perutnya. Dengan isi perut yang keluar itu ia berputar-putar seperti himar yang mengitari porosnya.

Para penghuni neraka berkumpul di dekatnya, seraya mengatakan:
"Wahai si Fulan! Apa yang terjadi padamu? Bukankah (dulu) kamu memerentah kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar?"

Ia menjawab, ‘Ya, memang dulu aku memerintahkannya kepada yang makruf, namun aku tidak melaksanakannya dan mencegah dari yang mungkar, namun aku melanggarnya". (Hadis Riwayat Muttafaq Alaih).

Baca Juga:

Semoga Allah menjauhkan kita dari 6 golongan manusia tersebut. Amin! [Radarislam/ Ip]

Share This !