Antara Orang Tua Kandung dan Mertua, Siapa Yang Harus Didahulukan? - Radar Islam
loading...

Antara Orang Tua Kandung dan Mertua, Siapa Yang Harus Didahulukan?

Radarislam.com ~ Dalam hubungan pernikahan, bukan hanya pasangan suami istri saja yang menjadi satu, tapi dua keluarga termasuk orang tua.



Derajat mertua sebenarnya sama dengan orang tua kandung kita. Namun, muncul pertanyaan, siapa yang harus didahulukan? Apakah mertua? Atau orang tua kandung kita sendiri?

Dikutip Radarislam.com dari laman Islamituindah, sebenarnya tidak ada dalil yang menyiratkan siapa yang harus lebih diutamakan. Namun lebih banyak dalil yang mengisahkan tentang bapak dan ibu kandung untuk ditaati si anak.

Bayangkan saja jika orang tua hanya memiliki anak perempuan saja dan mereka hanya mengutamakan mertua daripada orang tuanya sendiri. Menyedihkan bukan?

Janganlah menganut pemikiran seperti ini, seorang suami hanya patuh kepada orang tua kandungnya saja, begitu juga istri. Perlakukan mereka layaknya orang tua kita sendiri. Lalu, untuk masalah mertua istri lebih utama daripada orang tua kandungnya, sebenarnya tidak ada aturan atau dalil yang mengatur hal tersebut.

Baca Juga:

Alangkah baiknya jika kita bersikap adil baik pada orang tua mau pun mertua. Sebab mereka layak dihormati dan disayangi. Jadi tak perlu lagi memikirkan mana yang harus diutamakan. Sebab dari merekalah ridho Allah terus mengalir untuk kita. [Radarislam/ Iii]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...