Sabda Rasulullah SAW Tentang Ciri Kiamat Di Kota Dubai Telah Terbukti, Inilah Gambarannya - Radar Islam
loading...

Sabda Rasulullah SAW Tentang Ciri Kiamat Di Kota Dubai Telah Terbukti, Inilah Gambarannya

Radarislam.com ~ Dubai pada awalnya merupakan kota tempat perdagangan ikan, mutiara dan hasil laut lainnya. Selama puluhan tahun, Dubai berkembang menjadi pelabuhan alami karena teluknya memudahkan kapal laut membongkar muat barang ke daratan di kota ini.

Pada awal abad ke-20, Dubai semakin mengalami kemajuan pesat menjadi pelabuhan laut yang ramai dikunjungi oleh pedagang-pedagang dari India, Iran, Arab Saudi dan negara disekitar teluk lainnya dengan jenis komoditi yang mulai beragam. Souk (bahasa Arab yang artinya pasar) mulai menjamur di sepanjang creek terutama di daerah Deira.

Deira adalah wilayah perdagangan sebelah barat creek sedangkan sebelah timur dinamakan Bur Dubai. Pada tahun 1950, creek mulai dangkal karena tertimbun lumpur akibat banyaknya kapal laut yang berlabuh. Emir Dubai saat itu, yaitu Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum, memutuskan untuk memperdalam creek untuk memudahkan lalu lintas kapal laut.

Saat itu pekerjaan tersebut sangat berat dan memerlukan biaya yang besar. Tapi dengan hasil jerih payah itu tampak perkembangan Dubai sebagai pelabuhan dagang yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
Apalagi sejak ditemukannya ladang minyak di Dubai pada tahun 1966. Pemerintah Dubai juga memanfaatkan pendapatan dari penjualan minyak untuk pembangunan infrastruktur. Pembangunan besar-besaran pun dimulai pada awal 1967 yaitu bangunan sekolah, rumah sakit, jalan raya, jaringan telekomunikasi modern dan bandar udara internasional yang dapat menampung semua jenis pesawat.

Cerita tentang Dubai ini seolah mengungkap satu bukti dari sekian banyak kebenaran sabda Nabi Muhammad SAW. Rasul pernah bersabda menggambarkan situasi kehidupan akhir zaman:

Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.” (HR. Muslim).

Sabda beliau ini nyata adanya. Ustaz Nurfitri Hadi mengungkapkan hadits inilah salah satu diantara tanda-tanda hari kiamat yang dikemukakan Nabi.Tanda hari kiamat ada yang sifatnya baik, ada pula yang buruk. Ada pula hanya sekedar kabar atau tanda yang aslinya tidak bersifat baik ataupun buruk. Hanya sekadar tanda dan kabar agar manusia sadar bahwa kiamat pasti terjadi.

"Contohnya seperti berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi ini.
Kondisi Dubai Sebelum jadi Kota Metropolis," jelasnya.

Syaikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dalam suatu wawancara di BBC, menunjukkan rumah kakeknya, tempat bermain di masa kecilnya.

“Inilah tempat ayahku, ibuku, dan kami tinggal. Saat aku lahir tidak ada listrik di sini. Hanya bagian itu dan itu (ia menunjuk dua titik tempat lampu menyala di rumah besar itu) dan tidak ada air," ungkapnya.

Pernyataan singkat ini seolah menggambarkan bagaimana keadaan Dubai sebelum bertransformasi menjadi kota metropolis.

Rumah keluarga al-Maktoum, keluarga Emir Dubai, adalah rumah yang gelap dan kesulitan air. Apalagi hanya sebuah rumah rakyat biasa. Meskipun minyak sudah ditemukan sejak tahun 1966, tahun 1973, hanya ada satu hotel berkelas di sana, Hotel Sheraton.

Jik sekarang malah sangat sulit menemukan hotel yang tidak berbintang lima di Dubai, bahkan ada hotel berbintang tujuh di sana. 
Video berikut untuk mengetahui kondisi Dubai sebelum menjadi kota metropolis:
Sejarah pencakar langit di Dubai dimulai dengan pembangunan Dubai World Trade Centre setingi 149-meter (489 ft) pada 1979, yang dianggap sebagai pencakar langit pertama di kota itu.

Pada saat selesai dirampungkan, ternyata bangunan ini sekaligus tertinggi di Timur Tengah. Sejak 1999, dan khususnya mulai 2005 hingga seterusnya, Dubai mengalami musim bangunan pencakar langit raksasa, dengan 22 bangunan lebih dari 200 meter (656 ft) yang selesai setelah 1999.

Dubai saat ini memiliki 352 bangunan bertingkat tinggi rampung, tapi jumlah ini akan meningkat pesat pada masa depan. Dengan 302 bangunan tinggi yang sedang dibangun, dan 350 bangunan tinggi disetujui, langit-langit Dubai tumbuh secara cepat. Selain itu, Dubai diperkirakan menjadi situs banyak bangunan dengan 100 tingkat atau lebih daripada kota-kota lain di dunia pada 2015.

Islam adalah agama yang tidak menghalangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Inovasi dalam hal dunia dibuka selebar-lebarnya selama tidak melanggar syariat. Di zaman dahulu umat Islam terkenal dengan kemajuan arsitekturnya.
Oleh karena itu, tanda hari kiamat berupa berlomba-lombanya manusia dalam meninggikan bangunan tidak dikategorikan sebagai permasalahan yang nilai dasarnya jelek. Bahkan bisa jadi pembangunan ini bermanfaat dan maslahat.

Di antara bangunan tinggi di Dubai itu adalah Burj Dubai atau yang dikenal Burj Khalifa, merupakan bangunan tertinggi di dunia. Tingginya 818 m, kurang 182 m lagi jadi 1 Km. di dalamnya ada 30.000 rumah dan 9 hotel mewah.
10 Hotel tertinggi di dunia, 7 di antaranya ada di Dubai. Lima hotel tertinggi diantaranya adalah JW Marriott Marquis Dubai (355 m), Rose Rayhaan (333 m), Burj Al Arab (321 m) hotel termewah di dunia, Jumeirah Emirates Towers Hotel (309 m), The Address Downtown Dubai (306 m), semuanya ada di Dubai.
Shopping Mall terbesar di dunia adalah Dubai Mall dengan luas 50 kali luas lapangan sepak bola dan terdapat 1.200 toko. Di dalamnya ada akuarium terbesar di dunia yang isinya 33.000 hewan laut.
Al-Maktoum International Airport atau Dubai International Airport merupakan bandara terluas ke-3 di dunia.
Selaim itu sekarang Walt Disney World Resort di Orlando memegang rekor taman bermain terluas di dunia. Jika pembangunan Dubailand rampung, maka taman yang luasnya dua kali lipat Walt Disney ini akan memegang rekor baru.
Pada saat ini, Dubai juga telah membangun Dynamic Tower, yaitu menara pertama di dunia yang setiap lantainya dapat berputar 360 derajat dengan tempo yang berbeda-beda.
Bangunan ini bakal menjadi bangunan yang paling prestisius di Dubai. Dynamic Tower ini dibuat untuk fasilitas apartement dan villa dan memakan biaya sekitar Rp. 6,3 triliun
Sementara itu, telah diajukan lagi, proposal untuk pembangunan sebuah gedung untuk tahun 2015, yang merupakan bangunan paling raksasa di dunia. Namanya adalah Dubai City Tower atau Vertical City.

Namanya Vertical City karena gedung itu sepertinya bukan pencakar langit lagi, tetapi seperti kota tersendiri. Bisa Anda bayangkan jika di dalam gedung itu terdapat sebuah kota?
Berikut video rancangan bangunan dinamic tower
Masih banyak lagi gedung-gedung tinggi dan bangunan-bangunan yang ‘wah’ di Dubai. Ada menara kembar Emirates Tower yang bentuknya seperti dua batang cokelat Toblerone. Hotel bawah laut di kedalam 33 m. Gedung 68 lantai, yang tiap lantainya bisa berputar 360°.

Belum lagi pulau buatannya seperti The World terdapat 300 pulau buatan membentuk peta dunia. Kemudian juga Palm Island yang terdapat 2000 vila dan 40 hotel mewah.

Juga terdapat kendaraan super mewah. Anda masih berpikir orang Arab identik mengendarai onta? Di Dubai, mobil mewah berlapis perak dan emas pun ada. Sampai-sampai polisi Dubai layak disebut World’s Fastest Police karena kendaraan mereka McLaren MP4-12C, Lamborghini, Aston Martin, Bentley, dan Ferrari.

Anda jangan hanya terpaku dan terhenti dalam khayalan, membayangkan kemegahan Dubai. Bukan itu pesan yang ingin disampaikan. Mereka yang dulu miskin, telanjang kaki, tak berbaju itu telah membuktikan kebenaran sabda Nabi. Hal itu pula menunjukkan mukjizat Nabi. Beliau mengabarkan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Orang yang hidup di masa tersebut akan menyaksikannya.

Beliau mengabarkan tentang orang-orang miskin berlomba-lomba meninggikan bangunan. Hal itu telah terjadi. Dan kita telah menjadi saksinya. Beliau mengabarkan tentang turunnya Nabi Isa, keluarnya Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, hal ini pun pasti terjadi.

Orang yang hidup di zamannya akan menjadi saksinya. Dan Rasul mengabarkan tentang kenikmatan surga dan kengerian neraka, orang yang percaya sebelum mereka menyaksikannya. Merekalah orang yang beruntung dan berbahagia.

Baca Juga:

Orang yang baru percaya ketika menyaksikannya, mereka benar-benar dalam penyesalan dan duka cita yang mendalam. Wallahualam. [Radarislam/ Pb]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...