Astagfirullah, Jangan Lakukan 8 Kebiasaan Ini Yang Ternyata Bisa Menolak Datangnya Rezeki - Radar Islam
loading...

Astagfirullah, Jangan Lakukan 8 Kebiasaan Ini Yang Ternyata Bisa Menolak Datangnya Rezeki

close

Kebiasaan menolak datangnya rezeki, Radarislam.com ~ Rezeki bisa jadi berupa harta materi, istri shalehah, dan anak-anak yang baik, taat dan patuh pada orang tua. Setiap manusia pasti akan mengharapkan rezeki yang berlimpah demi kehidupan yang bahagia dan sejahtera.

Tapi, rezeki tentu tidak akan datang dengan sendirinya, ia harus diusahakan terlebih dahulu. Sebagai manusia, banyak usaha yang dilakukan untuk menjemput rezeki dari Allah. Mulai dari bekerja keras dan berdoa kepada Allah agar ia diberikan rezeki berlimpah.

Namun tidak jarang ada manusia yang melakukan perbuatan yang diridhai oleh Allah dengan jalan pintas yang akhirnya membawanya pada kemusyrikan. Tahukah Anda, delapan sikap ini biasa dilakukan orang-orang saat ini. Namun bisa jadi sikap-sikap berikut justru menolak datangnya rezeki. Apa sajakah? Berikut ulasannya:

1. Terlalu banyak mengeluh

Banyak manusia yang tidak merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Hal inilah yang menyebabkan munculnya banyak keluhan atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT yang membuat manusia selalu kurang dan lupa bersyukur.

2. Materialistis
Mengukur segala sesuatu dengan uang (matrealistis) ternyata menjadi satu sikap yang bisa menolak rezeki. Orang yang memiliki sikap matre biasanya akan memandang rendah orang lain dan akan memperlakukan orang kaya dengan baik. Padahal Allah SWT juga menitipkan rezeki kepada orang yang lemah, miskin dan teraniaya. Memuliakan orang yang miskin dengan cara bersedekah bisa menjadi salah satu jalan untuk rezeki yang berlimpah. Matre dapat membuat manusia bisa mendewakan uang dan yang bisa menjerumuskan kepada syirik, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu, menilai segala hal dalam bentuk uang dan barang, namun perbanyaklah amalan ibadah dan ketakwaan kepada Allah khususnya sedekah

3. Makan makanan haram
Makanan haram saat ini tidak hanya berbentuk daging babi, bangkai, darah, dan binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah. Akan tetapi, makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal seperti korupsi, mencuri, nepotisme dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam makanan haram. Mengonsumsi makanan haram tersebut bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menolak rezeki dari Allah Allah SWT. Tubuh yang diasupi makanan haram akan membuat pikiran manusia tidak akan malu untuk melakukan perbuatan yang diharamkan pula ketika mencari rezeki.

4. Terlalu gigih mendapatkan duniawi
Dunia memang menawarkan kenikmatan bagi manusia. Kenikmatan tersebut kerap bisa membuat manusia terperdaya dan lupa bersyukur kepada Allah SWT. Demi mengejar kehidupan dunia, membuat mereka lupa menabung amalan untuk di akhirat kelak. Padahal kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki. Bagaimana Allah akan memberikan rezeki-Nya sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya.


5. Tak menjaga badan
Kesehatan menjadi suatu hal penting yang harus dijaga. Banyak orang yang mungkin mengabaikan masalah kesehatan ini. Mereka dengan sengaja berobat ketika sakit, makan tidak teratur, malas berolahraga, merokok dan kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan demikian ini menandakan bahwa ia tidak menjaga karunia dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Badan ini diciptakan untuk mengabdi pada Allah, untuk ibadah dan amal saleh. Jika pemanfaatan badan dilakukan untuk hal-hal yang tak bermanfaat apalagi berhias dosa dan maksiat maka dijamin rezeki pun akan tertolak.


6. Banyak bergunjing (gosip)
Bergosip menjadi salah satu kebiasaan bukan hanya di kalangan wanita, banyak pria juga yang kini suka bergunjing. Bahkan acara gosip di televisi selalu memiliki rating yang tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mengetahui tentang kehidupan orang lain. Bergunjing kerap membuat orang mencela dan menceritakan kejelekan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadari bisa menjadi penghambat datangnya rezeki dari Allah SWT. Hindarilah kebiasaan bergunjing dan mulai memperbaiki diri.

7. Suka menggerutu dan pemarah
Orang yang gemar menggerutu biasa selalu merasa tidak puas dan tidak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan ia bisa marah-marah sepanjang waktu karena merasa tidak puas dengan kondisi yang tengah dialami. Lain halnya dengan pengeluh yang komplain dengan rasa putus asa, si penggerutu ini akan memarahi dan menyalahkan orang lain atas kejadian buruk yang tengah menimpanya.
Padahal sebenarnya, orang yang suka marah dan menggerutu termasuk dalam orang yang kufur. Yaitu orang yang tidak menerima takdir Allah yang telah terjadi kepadanya. Ia tidak bersyukur atas nikmat yang diterimanya karena mengganggap semua itu seperti masalah. Kebiasaan kufur yang demikian ini bisa menjadi salah satu penghambat datang rezeki.

8. Suka pamer (riya)

Saar ini banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya demi untuk mendapatkan pujian. Ia melakukan sedekah, shalat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada Allah SWT. Kebiasaan Riya dan pamer ini bisa menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki seseorang.

Naudzubillah, semoga kita dijauhkan dari 8 kebiasaan di atas yang bisa menghambat datangnya rejeki ke tangan kita. [Radarislam/ Shh]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...