Tak Banyak Yang Tahu, Daun Ini Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias Tapi Bisa Jadi Obat Wasir (Ambeyen) Paling Ampuh - Radar Islam
loading...

Tak Banyak Yang Tahu, Daun Ini Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias Tapi Bisa Jadi Obat Wasir (Ambeyen) Paling Ampuh

Daun obat wasir (ambeyen), Radarislam.com ~ Anda pernah mengenal Daun Miana? Daun miana sendiri dikenal dengan nama lain yakni sebutan daun Ler. Daun miana biasa dijadikan tanaman hias ini memiliki daun yang berwarna merah. Namun ternyata daun ini bisa digunakan sebagai tanaman obat­-obatan atau herbal.

Daun miana busa dikategorikan sebagai tanaman penyembuh dari berbagai seperti tanaman lainnya yakni daun binahong, daun sirih, daun kumis kucing, daun jarak dan ada banyak lagi yang dijadikan obat herbal.

Daun miana sendiri memilki nama ilmiah Coleus Scutellarioides, yaitu type tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Tetapi saat ini daun miana bisa pula tumbuh di dataran rendah, seperti daerah persawahan serta pekarangan rumah sehingga lebih mudah ditemukan.

Daun miana sendiri, tentu memilki sekian banyak manfaat untuk kita semuanya. Apa sajakah itu? Berikut manfaat penting dari daun miana :

1. Sebagai Tanaman Hias

Bentuk dan warna dari daun miana mempunyai daya tarik sendiri oleh pencinta tanaman hias. Daunnya yang memiliki warna merah kegelapan yakni satu diantara bentuk dari kecantikan tanaman ini. Saat ditanam di pekarangan rumah pun menjadi terlihat indah.
Adanya daun miana hisa untuk memperindah tampilan tempat tinggal, ruang ataupun bangunan yang lain sebagai bentuk penghijauan.

2. Menolong Mengobati Wasir
Wasir atau ambeyen merupakan penyakit yang seringkali diderita banyak orang. Hal ini lantaran kurangnya perhatian pada kesehatan pencernaan, sehingga timbul penyakit wasir. Namun daun miana bisa digunakan sebagai obat untuk wasir.

Caranya:

- Siapkan kira-­kira 20 lembar daun miana serta satu ruas unyit.
- Lantas bersihkan, lantas lalu rebus bahan­bahan itu dengan memakai 5 gelas air.
- Rebus hingga mendidih, lantas lalu dinginkan airnya setelah mendidih.
- Cukup minum satu gelas ramuan saja sehari-harinya, jadi hal semacam ini bakal menolong mengobati wasir yang anda alami.
- Untuk mengobati wasir dapat juga memakai manfaat yang ada pada daun dewa, daun cocor bebek, lidah mertua, kefir, serta binahong.

3. Membantu mengobati bisul

Untuk mengobati bisul ini, Anda tidak butuh ramuan seperti waktu anda mengobati wasir. Hanya dengan daun miana bisul akan berangsur hilang.

Caranya:

- panaskan daun miana di atas api, tetapi jangan sampai gosong
- tempelkan daun miana pada anggota tubuh yang tumbuh bisul
- kompres hingga beberapa menit
- lakukan secara rutin hingga bisul menjadi kering
- mengobati bisul bisa pula memakai daun ketumbar, daun sirsak, daun delima, daun gingseng, daun sirih serta daun gandarusa.

4. Menurunkan panas atau demam
 

Daun miana juga memiliki manfaat yang baik untuk meredakan demam.


Caranya:
- Ambil batang serta daun miana
- Rebus batang serta daun miana dengan 3 gelas air
- Rebus hingga mendidih serta tersisa 2 gelas air
- Minum 1/2 gelas ramuan itu, mengobati demam dan menurunkan panas

Menurunkan panas dan demam bisa pula melalui langkah buat ramuan herbal dari bahan­-bahan alami yang lain, seperti lobak putih, air kelapa hijau serta kulit jeruk. Banyak yang mengemukakan lobak putih dapat menuru kan suhu badan yang meninggi, serta untuk air kelapa hijau mengandung banyak zat-­zat baik yang dapat memyembuhkan panas pada badan. Tak hanya itu, kulit jeruk diakui sebagai obat penurun panas karena mempunyai kandungan vitamin C serta vitamin A yang berkhasiat.

5. Mengobati batuk
Daun miana juga bermanfaat mengobati batuk dan mengeluarkan dahak pada tenggorokan

Caranya:
- rebus daun miana, sama seperti Anda merebus daun tersebut untuk meredakan demam
- minumlah dengan teratur hingga batuk benar-benar terobati

Jadi Anda tak perlu beli obat atau pergi ke dokter waktu anda alami. Selain itu untuk meredakan batuk bisa juga menggunakan daun suji, ­daun salam, dan­Daun waru.

6. Mengobati Diabetes
Jika Anda mengalami persoalan diabetes, jadi daun miana bisa bermanfaat dengan metode pengobatan yang mudah.

Caranya:
 - rebus batang, daun serta bunga dari tanaman daun miana hingga mendidih
- minum rebusan air daun miana untuk menolong turunkan kandungan gula darah Anda

Saat ini obat herbal dari tanaman obat yang diakui beberapa orang bisa mengobati diabetes. Terkecuali tidak ada resikonya yang cukup berarti ramuan itu bisa pula untuk menyehatkan badan

7. Obat Sakit Perut dan mulas
Daun miana bisa juga sebagai obat mulas serta sakit perut. Khususnya disebakan iritasi ataupun bakteri yang ada di lambung. Jadi daun miana demikian baik untuk membantu mengobati sakit perut.

8. Sebagai Obat Mata Merah

Mata merah karena iritasi bisa jug disembuhkan dengan menggunakan daun miana.

Caranya:
- tempelkan atau kompres mata Anda dengan menggunakan daun miana yang telah dibasahi dan dicacah-cacah
Hal ini bisa membantu menyembuhkan mata merah yang Anda alami.

Nah itulah beberapa manfaat daun miana sebagai obat herbal alami tubuh. Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Wi]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...