Agar Doa Menembus Langit, Sertai Dengan 7 Langkah Ini - Radar Islam
loading...

Agar Doa Menembus Langit, Sertai Dengan 7 Langkah Ini

Radarislam.com ~ Doa menjadi sarana kita meminta apa yang dibutuhkan kepada Allah Azza Wa Jalla. Terkadang saat kita bersedih, memohon ampunan, meminta jalan keluar dari permasalahan, mengucap syukur, disampaikan lewat doa.

Allah juga berfirman agar hamba-hamba-Nya selalu berdoa pada-Nya:
“...Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan akan Aku perkenankan bagimu...”(Q.S Ghafir: 60)

Namun sering ada keraguan dalam hati mengapa doa yang dipanjatkan tak kunjung dikabulkan? Padahal kita sudah berusaha berdoa sebaik mungkin. Namun belum juga ada tanda-tanda, doa akan segera terkabul.

Sebagai hamba-Nya, kita hanya disuruh berdoa, Allah yang menentukan segalanya apakah akan mengabulkan saat ini juga, diijabah suatu saat, atau menggantinya dengan yang lebih baik. Sebab Allah Maha Tahu atas semua kebutuhan makhluknya. tu 

Tapi saat berdoa apakah kita sudah benar-benar ikhlas memintanya? Apakah dengan cara asal-asalan berdoa? Apakah kita sudah mempersiapkan diri sesuai dengan doa yang kita panjatkan?

Dalam berdoa, kita juga butuh kiat agar doa kita diijabah. Ada banyak hadits yang memberikan tips kepada kita agar doa kita menembus langit dan cepat diijabah. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Berdoa pada waktu mustajab
Allah juga memberikan waktu mustajab untuk berdoa, maka kita jangan menyia-nyiakannya. Sebisa mungkin kita harus memanfaatkannya dengan baik. Waktu-waktu itu seperti saat sujud terakhir dalam shalat, sebelum salam, saat hujan, ketika bepergian, di sepertiga malam terakhir dan lain-lain. Usahakanlah pada waktu itu kita berdoa.

2. Berdoa di tempat mustajab
Selain ada waktu mustajab, ada juga tempat yang mustajab untuk berdoa, antara lain di masjidil haram, masjid nabawi, dan masjid-masjid lainnya. Tentunya utamakan dirikanlah shalat di masjid tersebut agar doa kita semakin sempurna.

3. Hindarilah makanan haram

Makanan haram bisa menghambat doa kita untuk cepat diijabah. Bukan hanya makanan seperti babi, daging mentah atau yang sudah diharamkan. Tetapi juga makanan yang didapat dengan cara haram seperti mencuri, mengambil hak anak yatim, dan sebagainya.

4. Awali dan tutup doa dengan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawat pun bisa mendorong doa kita agar cepat menembus langit dan diijabah. Untuk itu kumandangkan shalawat sebelum dan sesudah berdoa.

5. Sertakanlah asmaul husna ketika berdoa.
Ada banyak pilihan asmaul husna. Pilih dan sesuaikanlah dengan doa kita, namun akan lebih baik jika kita membaca semuanya.

6. Selalu berprasangka baik
Yakinlah Allah akan mengabulkan doa kita di waktu yang tepat.

7. Minta didoakan oleh orang-orang terpilih
Orang-orang terpilih itu adalah orang-orang yang sudah punya kekuatan khusus disisi Allah. Mereka adalah ibu kita, alim ulama, musafir dan lain-lain.

Selain itu, jangan pernah menyerah untuk meminta kepada Allah. Bila belum juga dikabulkan, maka bersabarlah, yakinlah, pasti Allah akan mengabulkannya atau menggantinya dengan lebih baik [Radarislam/ Uo]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...