Jadi Ladang Amal Jupe, Ia Kerja Keras dan Jual Barang Mewah Demi Bangun Masjid dan Rumah Singgah - Radar Islam
loading...

Jadi Ladang Amal Jupe, Ia Kerja Keras dan Jual Barang Mewah Demi Bangun Masjid dan Rumah Singgah

Radarislam.com ~ Julia Perez sudah bebarapa hari meninggalkan kita semua. Jasadnya telah terkubur bersama tanah, raganya tak lagi kita lihat di dunia. Tapi banyak kenangan tentang sosok pelantun  'Belah Duren' itu masih melekat di hati keluarga dan kerabat dekat. Semasa hidupnya, tak hanya dikenal ramah dan supel, Jupe dikenal sebagai sosok yang dermawan.

Ia tak tanggung-tanggung rela menjual barang-barang mewah seperti berlian hingga mobil sport demi membangun masjid dan musala. Kini saat dirinya sudah tiada, Jupe kini meninggalkan bangunan rumah singgah yang siap huni dan menjadi ladang amal bagi janda tanpa anak tersebut. Berikut ulasan barang mewah Jupe yang direlakan dijual untuk membangun sesuatu yang bermanfaat:

1. Jual mobil mewah untuk bangun masjid di Papua
Tahun 2016 lalu, Jupe berniat menjual mobil mewah Range Rover silver miliknya. Mobil tersebut adalah mobil kenangannya bersama sang mantan suami, Gaston Castano. Jupe membanderol mobil mewah keluaran 2008 itu dengan harga Rp 800 juta. Uang hasil penjualan mobil tersebut akan digunakannya untuk membangun masjid di Papua.
“Mobil belum terjual nih. Ayo dong yang mau 800-an juta saja lah kalau laku, kan hasilnya untuk bantu juga buat bangun masjid,” kata Jupe setengah berpromosi dikutip Radarislam.com dari laman Tabloidnova.com (21/1/2016).
Tak hanya berpromosi langsung, Jupe juga mengunggah foto-foto mobil yang akan dijualnya itu di laman Instagram.

“Hasil penjualannya mau didonasikan. Bantu Jupe untuk tidak menjadi orang kikir… Jupe mau wakafin mobil ini untuk pembangunan masjid di Papua. Aku juga berencana buat masjid di Garut. Insya Allah ya, ini belum nazar loh. Insya Allah mau buat tujuh masjid. Makanya ada niatan itu (jual mobil ke teman artis) iya sih maunya, niat bikin malam dana juga malah,” tulisnya pada postingan tersebut.

Jupe mengakui ia begitu sayang pada mobil silver tersebut. Namun keinginannya untuk membangun masjid tak bisa ditunda lagi.

“Saya tahu sayang banget sama itu mobil, tapi saya mau jual mobil ini dan mau bangun masjid.”

Akhirnya, seperti dikutip dari Otomania.com, mobil Jupe itu berhasil terjual dengan harga Rp 700 juta. Ia menunaikan nazarnya dengan langsung mendonasikan hasil penjualan untuk pembangunan masjid.

2. Jual cincin berlian untuk bangun musala
Tak cuma masjid di Papua, Jupe ternyata juga punya kontribusi dalam pembangunan musala di Serang, Banten. Hal tersebut diungkapkan sang ibunda, Sri Wulansih. Sri mengatakan demi pembangunan musala tersebut, Jupe bahkan rela menjual cincin berliannya.

“Masalah jual berlian itu karena Jupe mau bangun musala di Serang, Banten. Masalahnya sejak Jupe sakit, orang-orang yang mengurusi pembangunan musala enggak mau minta dana,” kata Sri Wulansih sambil menangis saat ditemui di kediaman Julia Perez, di Rafles Hills Cibubur, Jawa Barat, Minggu (11/6/2017) malam usai tahlilan, seperti dikutip dari Warta Kota.

Lanjut dia, saat Jupe sudah dalam kondisi ringkih. Sri kemudian menduga putrinya itu membaca percakapannya dengan pihak pembangun musala.

“Tapi mungkin dia (Jupe) baca percakapan Mama kalau itu (musala) kurang ini kurang itu. Setelah tahu, dia (Jupe) bilang ke Diana dan hari itu dia minta tolong cincin berlian Jupe dijual uangnya kasih mamah. Hari itu pula kita kasih ke musala,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pembangunan musala tersebut masih berlangsung sampai sekarang. Namun, tempat ibadah itu sudah bisa difungsikan untuk salat tarawih di bulan Ramadan.

“Bagaimanapun caranya harus diteruskan harus dilanjutkan niat baik Jupe. Alhamdulillah saya senang banyak yang ingin bantu. Semuanya teman Jupe baik-baik alhamdulillah,” ujarnya.

3. Bangun rumah singgah penderita kanker
A post shared by Juliaperez (@juliaperrezz) on
Jupe pun kerja keras saat ia masih bisa syuting untuk pembangunan rumah singgah bagi penderita kanker sudah sejak lama diidam-idamkan

Awal tahun 2017 lalu, lewat akun Instagramnya, Jupe mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kondisi rumah singgahnya tersebut. Rumah singgah tersebut tak terlalu besar tapi sudah siap ditempati. Ada beberapa kasur dan sofa yang sudah bisa digunakan bagi para penderita kanker dari luar Jakarta yang akan berobat.
Sebelum tiada, Jupe sempat berpesan  agar rumah singgah tersebut tetap berjalan.

“Dia kepengin rumah singgahnya itu tetap berjalan,” kata Nia dikutip dari Kompas.com (10/6/2017)

Nia berjanji akan merawat peninggalan mendiang kakaknya tersebut.

“Aku yakin banyak orang di luar sana yang mau bantu terwujudnya rumah singgah. Insya Allah selama aku ada bantuan dari orang-orang. Itu kan juga amal buat kak Jupe. Amal dia untuk di surga. Insya Allah aku akan jalani terus,” ujarnya.

Nia juga mengatakan sebelumnya Jupe sempat mengatakan uang penggalangan dana dari para sahabatnya bisa disisihkan dan membantu operasional rumah singgah tersebut.

“Ini udah jadi niatnya Kak Jupe hasil uangnya nanti akan dibagi dengan yang lain. Insya Allah dengan bantuan dari semua orang rumah singgah ini bisa segera dibuka dengan hasil uang itu. Aku nanti yang urus rumah singgahnya,” ujar Nia.

Nia menambahkan rumah singgah itu sebenarnya dibangun dengan hasil kerja keras Jupe tanpa minta sumbangan. "Berkat hasil susah payah Kak Jupe tanpa minta sumbangan. Tapi itu saat dia masih sehat, masih bisa kerja,” imbuhnya.



Semoga menjadi ladang amalmu di alam sana ya Jupe. Amin! [Radarislam/ Bs]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...