Netizen Geger, Siswa SMP Usia 15 Tahun di Palembang Ini Sudah Menikah - Radar Islam
loading...

Netizen Geger, Siswa SMP Usia 15 Tahun di Palembang Ini Sudah Menikah

Siswa SMP usia 15 tahun menikah, Radarislam.com ~ Kita tentu sudah mengetahui, India mungkin jadi salah satu negara yang terkenal dengan budaya menikah muda tapi Indonesia juga ternyata demikian.

Menurut data yang dikumpulkan oleh UNICEF, Sulawesi Barat tercatat sebagai daerah dengan angka pernikahan dini tertinggi sebelum usia 15 tahun.  Secara umum, sebanyak 1.408.000 orang wanita berusia 20-24 tahun di Indonesia menikah sebelum usia 18 tahun. Potret yang sedikit memilukan bukan?

Sementara menurut Undang-Undang Pernikahan No. 1 Tahun 1974 batas usia minimal untuk menikah bagi pengantin perempuan adalah 16 tahun dan pengantin pria 18 tahun.
Pasangan pengantin yang masih berusia 15 tahun menghebohkan netizen. Walau peraturan perundang-undangan telah mengatur tentang hal ini, tetap saja praktik pernikahan dini masih marak terjadi. Salah satunya dialami oleh seorang gadis Palembang kelahiran 8 Desember 2002, Amanda Safitri. Melalui akun Facebooknya, gadis ini membagikan foto di hari bahagia.

"Tepat tanggal 17 Mei 2017 pukul 19.00 sang saksi dan penghulu mensahkan kami berdua. Mulai dari saksi berbicara di sana kami berusaha untuk hidup mandiri, berpikiran dewasa, langgeng hingga kakek dan nenek. Acaranya lancar. Makasih teman-teman, saudara, dan yang lain udah bantu doa," tulis Amanda.
Pernikahan di bawah umur dapat terjadi apabila kedua orangtua mempelai mengajukan dispensasi ke Pengadilan Agama. Namun pernikahan gadis yang diketahui masih duduk di bangku SMP ini mengundang sejumlah pertanyaan dan perdebatan netizen. Banyak yang menyayangkan nikah muda tersebut karena keduanya masih dan mengorbankan masa depan.

Sementara untuk tata cara pelaksanaan pernikahan di bawah umur sesuai hukum sendiri, diperlukan dispensasi pada Pengadilan Agama untuk menyelenggarakan pernikahan seperti yang tercantum pada Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Pernikahan 1974.

Bagaimana tanggapan Anda? [Radarislam/ Tn]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...