Plagiat Lagi, Afi Nihaya Dilabrak Gadis Bule Gara-Gara Video 'Curhatnya' Dijiplak - Radar Islam
loading...

Plagiat Lagi, Afi Nihaya Dilabrak Gadis Bule Gara-Gara Video 'Curhatnya' Dijiplak

close

Afi Nihaya plagiat dilabrak gadis bule, Radarislam.comSejak tulisan soal Afi Nihaya Faradisa soal 'Warisan' viral dan menuai banyak pujian, Afi banyak diundang untuk menjadi pembicara. Afi juga diundang untuk bertemu dengan pejabat daerah hingga Presiden Joko Widodo dan menjadi pembicara di berbagai forum diskusi. Namun di tengah euforia itu, Afi tersandung masalah plagiarisme. Bukan hanya satu, ada beberapa tulisan Afi yang disebut plagiat oleh netizen yang teliti menelaah tulisan yang dia posting di akun Facebooknya

Sejak saat itu, pemilik nama asli Asa Firda Inayah, atau lebih dikenal dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa menjadi sorotan netizen. Kali ini, Afi juga tersandung aksi plagiat dalam video siaran langsung, (7/7/2017). Pada video itu, Afi 'curhat' dalam bahasa Inggris mengenai aksi perundungan atau "bully" ditujukan kepadanya sejak banyak tulisannya yang viral ketahuan hasil menjiplak.

Ternyata, video siaran langsung Afi itu juga menuai hjatan sebab, Afi menjiplak kalimat-kalimat plus intonasi milik warganet asing bernama Catherine Olek.

Kalimat-kalimat yang juga penuh kata makian dalam video Afi itu, diyakini dijiplak dari video 'curhatan' Chaterine mengenai kematian sahabatnya, Amanda Todd. Sahabat Chaterine tersebut tewas bunuh diri karena dibully. Video gadis bule itu sendiri sudah diunggah pada tahun 2012.

Video 'curhat' Afi itu ternyata berbuntut panjang. Pasalnya, Chaterine membuat video yang mengklaim Afi sudah menjiplak videonya. Ia mengunggah video melalui akun pribadinya di YouTube, berjudul “My thoughts on Afi Nihaya Faradisa plagiarizing my Video!'. Judul video itu bisa diartikan menjadi “Pendapatku tentang Afi Nihaya Faradisa yang Memplagiat Videoku!'.

"Dia (Afi) tahu bahwa ia mencuri video. Dia tahu apa yang dilakukannya itu adalah kesalahan. Dia juga menjadi korban perundungan di negaranya karena aksi tersebut. Orang-orang menyebutnya ‘dasar plagiat’; ‘dasar pencuri’, dan lain-lain. Lalu, apakah aku harus ikut mencacinya?” tutur Chaterine dalam video tersebut.

Alih-alih ikut merundung, Chaterine justru ingin merangkul para remaja seperti Afi. Melalui video tersebut, Chaterine mengungkapkan berupaya menghubungi Afi.

Di tempat terpsah Afi sendiri sudah memberikan klarifikasi setelah dituduh oleh netizen menjiplak video Chaterine. Afi mengklaim ia adalah teman baik Chaterine dan sering berkomunikasi. Bahkan, Afi mengatakan akan membuat video kolaborasi dengan Chaterine. Namun, Chaterine dalam videonya justru membantah klarifikasi Afi.

“Kami bukan teman baik. Aku juga tidak memaafkan kesalahan yang sudah ia lakukan. Tidak ada satu pun alasan bagiku untuk memaafkan aksi plagiatnya,” tutur Chaterine.

Ia mengungkapkan, tidak pernah berkomunikasi secara rutin dengan Afi.

“Sementara soal video kolaboratif itu hanya sekadar wacana obrolan, saat aku sekali menghubunginya,” jelasnya.

Bahkan, Chaterine memastikan dirinya tak bakal pernah bisa berteman dengan Afi.

“Gadis itu dengan aku tak bakal pernah menjadi teman. Tidak pernah. Aku tidak bisa berteman dengan seseorang yang menganggap perilakunya baik-baik saja,” tukasnya.

Namun, Chaterine mempunyai pesan yang ingin didengar Afi melalui videonya tersebut.

“Suatu saat, aku ingin melihat dia menuliskan ceritanya sendiri,” tandasnya.

Mengenai video Afi yang menjiplak video Chaterine, lihat di sini:
Berikut video tanggapan Catherine tentang plagiarisme yang dilakukan Afi:
Bagaimana tanggapan Anda? [Radarislam/ Sr]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...