Jadi Hewan Menjijikkan, Mengapa Allah Ciptakan Kecoa? Alasannya Menakjubkan - Radar Islam
loading...

Jadi Hewan Menjijikkan, Mengapa Allah Ciptakan Kecoa? Alasannya Menakjubkan

Mengapa Allah ciptakan kecoa, Radarislam.com ~  Siapa yang takut kecoa? Melihatnya saja sudah bikin merinding. Apalagi sampai mendekat atau terbang. Mungkin ada yang sampai lari terbirit-birit atau berteriak.

Kecoa menjadi hewan yang menjijikkan, hidupnya saja di tempat kotor dan jorok. Makanannya pun tidak higienis bahkan dalam tubuh kecoa terdapat bakteri yang cukup berbahaya. 

Namun, segala sesuatu yg terjadi dalam hidup kita ini, memang tidak ada yg terjadi secara kebetulan, semuanya atas izin Allah dan setiap suatu kejadian itu ada hikmah yg terkandung dibalik itu semua. Begitu pun dengan penciptaan Kecoa, seringkali ada yang bertanya, mengapa kecoa diciptakan? 

Lantas, apa jadinya kalau kecoa yang bikin banyak orang jijik itu punah? Ini pulalah alasan mengapa ia diciptakan oleh Allah SWT:

1. Penting dalam rantai makanan
Meski kita benci kecoa, hewan itu punya peran penting dalam food chain. Kecoa berada di posisi bawah rantai makanan. Kalau ia punah, burung, tikus, dan mamalia pemakan serangga lainnya bakal kehilangan makanan. Kalau mereka nggak bisa adaptasi cari makanan lain, hewan-hewan itu bisa ikutan punah seperti kecoa.

2. Penyeimbang alam
Hutan tidak hanya berguna sebagai paru-paru bumi namun juga sebagai habitat berbagai spesies. Ternyata kecoa punya peran besar dalam siklus nitrogen. Berkat kesukaannya memakan organisme busuk, kecoa membantu mengonversinya jadi ammonia saat mereka BAB. Di dalam tanah, kotoran itu diubah bakteri jadi nitrogen lagi. Kalau kecoa punah, tentu pertumbuhan pohon-pohon di hutan bakal terganggu.

3. Pengingat untuk bersih-bersih
Umumnya karena tak ada ancaman dari kecoa terbang, manusia lebih nyantai buat numpuk barang dengan tak rapi, malas cuci piring sehabis makan, dan sebagainya. Kecoa menyukai tumpukan sampah ataupun barang yang gak rapi sebagai habitat juga perkembang biakannya.

4. Jadi bahan penelitian
Saat ini telah banyak penelitian menggunakan kecoa sebagai bahan percobaan, seperti digunakannya sebagai alat perekam (robot) untuk mata-mata. Termasuk penelitian kesehatan, dimana ilmuwan Cina menggunakan model jantung buatan dengan mnggunakan kecoa, yang bisa diandalkan untuk pencangkokan jantung pada manusia.

Allah tak akan sia-sia menciptakan makhluk hidup. Buktinya kecoa yang dianggap menjijikan dan tak berguna mempunyai peran penting dalam kelestarian alam. [Radarislam/ Mn]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...