Wanita Wajib Tahu! Ternyata Pembalut Ini Bisa Jadi Sebab Kanker Serviks - Radar Islam
loading...

Wanita Wajib Tahu! Ternyata Pembalut Ini Bisa Jadi Sebab Kanker Serviks

Pembalut sebab kanker serviks, Radarislam.com ~ Artis cantik Julia Perez diketahui meninggal akibat menderita penyakit kanker serviks. Penyakit kanker ternyata menjadi pembunuh kedua terbesar yang menyerang perempuan Indonesia. Kanker serviks ini disebabkan oleh Human Paillomavirus (HPV) yang memiliki lebih dari 100 serotipe virus. 

Menurut Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) Prof Dr dr Andrijono SpOG(K), walaupun merupakan penyakit ganas, bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Tapi yang paling baik adalah melakukan pencegahan. Sebab, kebanyakan pasien baru datang ke dokter setelah stadium lanjut.

“Sekitar 70 sampai 82,3 persen pasien baru datang ke dokter ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut sehingga penanganan cenderung lebih sulit,” ujar Adrijono.

Menurutnya, pencegahan perlu dilakukan diantaranya pencegahan sekunder melalui skriningseperti papsmear ataupun metode IVA. Selain itu juga pencegahan primer dari kanker serviks ialah pemberian vaksin HPV.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RSI Sultan Agung, Semarang, dr Yulice Soraya Nur Intan SpOG mengatakan, banyak faktor yang memengaruhi munculnya penyakit kanker serviks ini. 

“Salah satunya adalah pembalut yang sering kita pakai,” tuturnya.

Lanjut dia, memang tidak semua pembalut dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker serviks. Pembalut yang dibuat dari bahan-bahan, seperti kertas bekas dan serbuk kayu (pulp) berpotensi menjadi pemicu berkembangnya bakteri dan kuman pemicu kanker serviks. Zat pemutih untuk memberi warna bersih bahan diduga membuat kuman penyebar virus kanker serviks semakin berkembang.

“Jadi penting mengenali bahan pembalut yang bisa memicu kanker serviks.” sambungnya.

Yulice pun memberi tips praktis untuk mengenali pembalut. 

“Ambil bagian inti pembalut yang masih baru, celupkan dalam gelas berisi air. Jika warna air berubah dan hancurnya bahan inti maka kemungkinan pembalutnya mengandung zat pemutih,” terangnya. 

Selain itu, yang berpotensi adalah wanita yang hidup tidak sehat seperti sering berganti pasangan dalam berhubungan intim, merokok, dan faktor kekurangan vitamin. 

Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Pn]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...