Begini Kekuatan Militer Turkey Yang Mematikan dan Bisa Hancurkan Israel Dalam Sekejap - Radar Islam
loading...

Begini Kekuatan Militer Turkey Yang Mematikan dan Bisa Hancurkan Israel Dalam Sekejap

close

Kekuatan militer Turkey bisa hancurkan Israel, Radarislam.com ~ Israel menjadi negara yang begitu dikecam karena aksi kejinya membantai rakyat Palestina. Namun di balik serangan mengerikan Israel, Turki siap melindungi Palestina.

Ternyata, pemerintah Turki dilaporkan menjadi negara NATO pertama yang menggunakan sistem rudal canggih. Setelah menyetujui untuk membayar $ 2,5 miliar pada Rusia atas sistem pertahanan rudal jarak jauh tercanggih S-400.

Hal itu dikutip dari Radarislam.com dari laman Daily Sabah.  Dilaporkan, kekuatan regional tersebut ingin membangun sistem pertahanan rudalnya sendiri.

“Bagi Turki, aspek kunci dari kesepakatan tersebut adalah alih teknologi atau know how. Perjanjian dengan Rusia yang mengizinkan dua dari baterai S-400 tersebut diproduksi di Turki akan memenuhi tujuan itu”, tambah pejabat tersebut.

Pembelian sistem rudal canggih buatan Rusia oleh Turki merupakan tanda yang jelas dari kekecewaan negara tersebut terhadap Barat, terutama karena sikap Uni Eropa dan Israel terhadap pejabat Turki dan eksistensi Palestina.


Dalam 10 tahun terakhir militer Turki selalu stabil di grup kelas atas militer dunia. Tiap tahun mereka pun terus berbenah dan makin kuat. Alasan kenapa pamor Turki sebagai negara kuat tak pernah terangkat adalah lantaran mereka tak pernah benar-benar memamerkannya. Tak seperti Amerika yang tebar-tebar kapal induk mereka di banyak lautan. Lalu, seperti apa militer Turki sehingga membuat mereka masuk dalam kelas atas militer dunia? Simak jawabannya lewat ulasan berikut:

1. Jumlah Tentara AKtif Turki Cukup Banyak
Dengan jumlah tentara aktif yang sedemikian banyak, tentu ini jadi penyebab Turki itu hebat. Bahkan, meskipun jarang dikulik banyak media, Turki nyatanya juga memiliki banyak satuan-satuan khusus yang kemampuannya sangat mumpuni.

2. Kekuatan Darat Militer Turki Sangat Mematikan
Kalau dilihat dari kekuatan alutsista daratnya, Turki bisa dibilang salah satu yang terbaik di Asia dan Eropa. Hal ini berkaca dari banyaknya kendaraan tempur darat yang mereka miliki. Entah itu tank ataupun kendaraan taktis perang.
Kalau dilihat detailnya, Turki memiliki setidaknya 3.778 buah tank siap perang. Jumlah ini adalah yang terbanyak nomor 9 di dunia. Untuk kendaraan taktis perang, negara ini memiliki sekitar 7.550 dan menempati peringkat 7 terbanyak di dunia. Oh iya, ini belum termasuk kendaraan pengangkut rudalnya.

3. Kekuatan Udara Turki
Soal alutsista udara, tercatat Turki memiliki kelengkapan yang cukup bagus. Turki memiliki sekitar 207 jet tempur, 64 helikopter serbu, serta sekitar 439 pesawat pengangkut. Kalau dilihat dari peringkatnya, Turki menempati posisi 18 negara dengan jet tempur terbanyak serta peringkat 7 untuk pemilik helikopter serbu paling melimpah.

4. Kekuatan Laut Turki Ternyata Mematikan
Tak banyak yang tahu soal kekuatan laut Turki. Makanya, kemudian mayoritas orang-orang pun menganggapnya biasa-biasa saja. Kesannya mungkin seperti itu, padahal kekuatan laut Turki itu luar biasa. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu negara dengan kemampuan militer laut paling mumpuni di dunia
Soal alutsista laut, Turki juga memiliki kelengkapan yang sangat bagus. Frigates mereka punya 16 buah, corvette 8 buah, serta kapal selam yang jumlahnya 13 buah dan jadi nomor 9 terbanyak di dunia. Dengan kombinasi jumlah alutsista ini Turki jadi negara yang cukup ditakuti di lautan.

5. Budget Turki Luar Biasa
Parameter kekuatan militer tak hanya soal jumlah tentara dan alutsista saja, tapi juga pendanaan. Bahkan dana atau budget bisa dibilang adalah faktor terpenting di atas segalanya. Dan Turki adalah salah satu pemilik budget militer terbesar di Asia dan Eropa. Jumlahnya sendiri cukup mencengangkan, yakni sekitar $18 miliar atau sekitar Rp 235 triliun. Ini hanya defence budget saja, soal kemampuan beli Turki juga luar biasa. Dana yang bisa dihabiskan untuk militer adalah sekitar $118 miliar.

Baca Juga:

Demikian  fakta militer Turki. Diam-diam ternyata mereka sangatlah mematikan. Peringkat 8 tentu bukanlah sesuatu yang tanpa arti melainkan jadi bukti valid betapa mengerikannya militer negara satu ini. [Radarislam/ Ds/ Pi]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...