Yana Zein Meninggal 3 Bulan Lalu, Begini Kondisi Makamnya, Miris! - Radar Islam
loading...

Yana Zein Meninggal 3 Bulan Lalu, Begini Kondisi Makamnya, Miris!

Kondisi makam Yana Zein, Radarislam.com ~ Pesinetron cantik Yana Zein telah berpulang ke haribaan Sang Pencipta pada 1 Juni 2017 silam. Sekitar 3 bulan lebih sudah, aktris senior kelahiran Moscow Rusia ini tidur panjan di peristirahatan terakhirnya di Tempat Pemakaman Muslim (TPM) Bulak Lebar, Cinere Depok Jawa Barat.

Walau sempat terjadi perdebatan saat pemakaman Yana karena perbedaan keyakinan kedua orang tuanya. Akhirnya Yana dimakamkan secara Islam. 

Namun jika pada proses pemakaman almarhumah banyak dihadiri para pelawat, tak demikian kondisi terkini di makamnya kini. Suasana sunyi bahkan di kuburannya sangat sepi oleh bunga yang menandakan tak ada seorang pun yang berziarah ke makam mantan model ini.

Sebelumnya, pusara Yana Zein sempat dikabarkan akan dipindahkan, akan dikutip Misterikisah.com dari laman Grid.id saat mengunjungi TPM Bulak Lebar Cinere, kondisi kuburan Yana tak berubah dari sebelumnya. Dari pintu gerbang TPM Bulak Lebar terpantau pusara Yana Zein dapat ditempuh dengan sedikit mendaki dikarenakan posisi makam yang terletak di atas dan berada di ujung sebelah kanan.

Dari pemantauan tersebut, memang tampak berbeda dengan kuburan lain di sekitarnya, makam Yana zein nampak masih berupa gundukan tanah yang terlihat mengering dan retak-retak.

Batu nisan yang digunakan pun masih berupa sebuah papan yang ditulis tangan oleh sang sahabat Ayu Azhari. Kondisi makam yang tidak terawat ini dibenarkan oleh salah satu penjaga makam di TPM Bulak Lebar bernama Uus.

Ia mengatakan hanya sesekali membersihkan makam tersebut dikarenakan tidak adanya pesanan dari pihak keluarga.

"Ya kalau saya di sini bersihkan semua makam. Cuma kalau secara khusus yang Yana Zein nggak ya, soalnya nggak ada pesanan dari keluarga buat perawatanya,” katanya, Jumat (25/8/2017).
Uus mengaku hanya sesekali membersihkan tempat peristirahatan Yana yang meninggal akibat kanker yang dideritanya. Ia hanya membersihkan makam Yana dari daun-daun kering yang berguguran di atasnya.

“Cuma kan makamnya juga masih nggak ada perubahan masih kayak yang dulu,” imbuhnya.

Uus mengungkapkan kondisi TPM Bulak Lebar yang merupakan tanah wakaf. Ia masih teringat saat keranda yang mengangkut jasad Yana Zein dibopong rekan media. Tak heran jika di tempat tersebut, perawatan makam disama ratakan tanpa pilih-pilih  tebang.

“Kalau disini kan tanah wakaf ya. Jadi secara khusus nggak ada perawatan apa-apa gitulah kayak di kuburan lainnya,” lanjut dia.

Makam Yana Zein memang tampak seperti makam baru, padahal ia sudah berbaring di sana lebih dari 40 hari. Biasanya untuk makam yang sudah lebih dari waktu tersebut, nisan kayu sudah harus diganti dengan yang baru agar lebih awet.

"Kalau disini biasanya kalau udah 40 harian itu kuburan diganti nisan nya dirapiin gitulah, kalau Yana Zein nggak," tuturnya.
Makam Yana zein memang dikabarkan akan dipindahkan dari TPM Bulak Lebar Cinere ke tempat yang baru, namun hingga saat ini hal tersebut belum dilakukan pihak keluarga Yana. [Radarislam/ Gr]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...