Subhanallah! Mengapa Dzikir Dianjurkan Dengan Ruas Jari Kanan? Ternyata Alasannya Menakjubkan - Radar Islam
loading...

Subhanallah! Mengapa Dzikir Dianjurkan Dengan Ruas Jari Kanan? Ternyata Alasannya Menakjubkan

close

Dzikir dengan ruas jari kanan, Radarislam ~ Setiap muslim yang taat tidak akan pernah meninggalkan bacaan dzikir yang dianjurkan dibaca setelah mendirikan shalat fardhu.

Tidak elok rasanya jika setelah salam dari shalat langsung berdiri meninggalkan tempat shalat. Dzikir sebenarnya merupakan ibadah yang utama. Dalam sebuah riwayat perbandingan orang yang berdzikir dengan orang yang tidak berdzikir seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.


Kebutuhan manusia terhadap dzikir seperti ikan yang sangat membutuhkan air.  Dengan berdzikir, kita akan selalu ingat kepada Allah SWT dengan amalan sunnah ini.


Perlu diketahui, dalam perjalanan hijrah ke Madinah, Rasulullah memerintahkan kepada seorang shahabiyah untuk berdzikir dengan ruas jari. Nabi memerintahkan kaum wanita agar selalu membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. Semua itu agar dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Sebab di Hari Kiamat kelak, ruas-ruas jari tangan tersebut akan dimintai keterangan dan dituntut untuk berbicara.


Rasulullah juga saat berdzikir menggunakan ruas-ruas jari tangan untuk menghitung. Mengenai penggunaan tasbih, para ulama juga ada yang membolehkan dan ada yang menganggapnya sebagai bid'ah.


Untuk itu mulai sekarang, biasakanlah menggunakan ruas-ruas jari tangan saat berdzikir. Kelak saat hari kiamat, tangan kita bisa memberi saksi bahwa semasa kita hidup, kita menggunakan tangan kita untuk berdzikir, menyebut nama Allah SWT.

Baca Juga:

Semoga pengetahuan ini bisa menambah ilmu agama kita semua dan dapat mempertebal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. [Radarislam/ Ptb]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...