Waspadalah, Melalui Pintu-Pintu Ini Setan Sesatkan Manusia, Nomor 2 dan 8 Kerap Dilakukan - RadarIslam.com

Waspadalah, Melalui Pintu-Pintu Ini Setan Sesatkan Manusia, Nomor 2 dan 8 Kerap Dilakukan

Pintu-pintu setan sesatkan manusia, Radarislam.com ~Setan memang musuh yang nyata bagi manusia. Mereka tidak akan pernah menyerah untuk menyesatkan manusia hingga masuk ke dalam golongan penghuni neraka.

Anda wajib tahu, banyak cara setan sesatlan manusia seperti mempengaruhi dalam bisikan di setiap sifat-sifat buruk yang ada pada manusia. Sifat-sifat buruk tersebut menjadi pintu masuk setan dalam menyesatkan manusia. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:


1. Dengki (Hasad)

Dengki (hasad) menjadi pintu terbesar yang bisa dimasuki setan. Jika seseorang punya sifat demikian, maka busa jadi butalah mata hatinya untuk bersyukur karena setan sudah mempengaruhinya.

2. Marah

Ini yang kerap dilakukan orang saat emosi, dan termasul pintu terbesar setan bisa menyesatkan manusia. Marah dapat merusak akal sehingga setan gampang membisikan hal-hal yang lebih buruk lagi. Sehingga tak jarang marah bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Rasulullah SAW bersabda:

Jika seseorang marah, lalu dia mengatakan: a’udzu billah (aku berlindung pada Allah), maka akan redamlah marahnya,” (As Silsilah Ash Shohihah no. 1376. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih).

3. Tamak

Jika seseorang memiliki sifat seperti ini, maka dia akan berlebih-lebihan memuji orang tersebut padahal orang itu tidak memiliki sifat seperti yang ada pada pujiannya. Akhirnya, dia akan mencari muka di hadapannya, tidak mau memerintahkan orang yang disanjung tadi pada kebajikan dan tidak mau melarangnya dari kemungkaran.

4. Terlalu kenyang

Keadaan seperti ini akan menguatkan syahwat dan melemahkan untuk melakukan ketaatan pada Allah. Kerugian lainnya akan dia dapatkan di akhirat sebagaimana dalam hadits:

Sesungguhnya orang yang lebih sering kenyang di dunia, dialah yang akan sering lapar di hari kiamat nanti,” (HR. Tirmidzi. Dalam As Silsilah Ash Shohihah, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)


5. Cinta harta

Sifat seperti ini akan membuat berusaha mencari harta bagaimana pun caranya. Sifat ini akan membuat seseorang menjadi bakhil (kikir), takut miskin dan tidak mau melakukan kewajiban yang berkaitan dengan harta. Bahkan dengan ara yang tidak halal. Naudzubillah.

6. Tergesa-gesa

Inilah pentingnya bersabar dan jangan tergesa-gesa saat beraktivitas atau mengambil keputusan. Sebab tergesa-gesa adalah sifatnya setan. Sebuah hadits dari Anas, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan,” (Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shoghir mengatakan bahwa hadits ini hasan).


7. Memikirkan dzat Allah

Sifat ini mengajak orang awam untuk memikirkan hakekat (kaifiyah) dzat dan sifat Allah yang sulit digapai oleh akal mereka sehingga membuat mereka menjadi ragu dalam masalah paling urgen dalam agama ini yaitu masalah aqidah.

8. Berburuk sangka

Jika seseorang selalu berburuk sangka (bersu’uzhon) pada muslim lainnya, pasti dia akan selalu merendahkannya dan selalu merasa lebih baik darinya. Seharusnya seorang mukmin selalu mencari udzur dari saudaranya. Berbeda dengan orang munafik yang selalu mencari-cari ‘aib orang lain.

9. Fanatik

Mengajak orang awam supaya ta’ashub (fanatik) pada madzhab atau golongan tertentu, tidak mau beramal selain dari yang diajarkan dalam madzhab atau golongannya.

10. Menghias tempat tinggal secara berlebihan

Baiti Jannati, rumahku adalah surgaku. Sah-sah saja membuat rumah nyaman untuk ditinggali. Namun janganlah berlebihan, sebab hal ini bisa menjadi celah bagi setan untuk menyesatkan manusia. Orang seperti ini sungguh akan sangat merugi karena umurnya hanya dihabiskan untuk tujuan ini.
Naudzubillah! Semoga kita dihindarkan dan dijauhkan dari sifat-sifat demikian yang menjadi pintu masuk setan menyesatkan manusia. [Radarislam/ Bs]

Share This !