Wanita Ini Tidak Haid Selama 3 Tahun Usai Pakai KB Suntik, Sampai Ia Harus Masuk Ruang Operasi Karena Alasan Yang Mengerikan - RadarIslam.com

Wanita Ini Tidak Haid Selama 3 Tahun Usai Pakai KB Suntik, Sampai Ia Harus Masuk Ruang Operasi Karena Alasan Yang Mengerikan

Wanita tidak haid 3 tahun usai pakai KB suntik, Radarislam.com ~ Alat kontras3psi untulk program Keluarga Berencana (KB) banyak digunakan oleh para wanita yang ingin membatasi jumlah atau memberikan jarak kelahiran anak.

Alat KB pun disediakan begitu variatif seperti IUD, suntik, spiral, dan sebagainya. Namun ada saja yang mengalami dampak akibat penggunaan alat KB ini pada kesehatan seperti pada kulit, berat badan, organ pribadi, bahkan siklus haid yang tidak beraturan.  

Namun kisah ini begitu mengharukan sekaligus bisa menjadi pelajaran untuk para wanita yang memutuskan untuk program KB. Jangan sampai terjadi lagi seperti yang dialami wanita dengan nama akun Facebook Mey Erlyn terjadi lagi.

Ia menceritakan pengalaman buruknya tentang penggunaan alat KB pada sebuah unggahan di Facebook, Jumat (1/9/2017). Awalnya saat ia bingung memilih KB yang cocok untuknya, dokter menyarankan untuk KB suntik 3 bulan.

Dokter memberikan alasan saat itu Mey sedang menyusui anak pertamanya. Awalnya tak terjadi apa-apa saat ia sudah memakai KB suntik 3 bulan, hanya saja yang dialami, Mey tidak mengalami haid.

Namun ia masih berpikiran positif dan tak merasa khawatir atau takut karena memang kebanyakan wanita lain mengalami hal demikian. Kemudian, setelah anaknya berusia 3 tahun, ia ingin menambah momongan.

KB suntik 3 bulanan itu pun ia hentikan, tepatnya pada bulan Februari 2017. Hanya saja setelah berhenti, Mey merasa ada yang aneh sebab ia masih tak kunjung menstruasi.

Hal janggal ini pun terjadi hingga 8 bulan setelah berhenti KB. Ditambah ia merasakan sakit di bagian bawah perut serta mengalami keputihan yang sebelumnya tidak terjadi saat masih menggunakan KB suntik.

Semakin khawatir, ia pun memeriksakan kesehatannya ke dokter kandungan agar diketahui apa penyebabnya. Mey pun syok bukan main ternyata ada pembengkakan di dalam rahimnya.

Rahimnya terinfeksi karena menurut dokter darah kotor tidak keluar selama 3 tahun berturut-turut. Sehingga Mey disarankan operasi untuk membersihkan rahimnya jika ingin hamil lagi dan kembali mengalami haid dengan rutin kembali.
Berikut ini kisah selengkapnya yang dituliskan di Facebook.
KISAH NYATA (Saya sendiri yang mengalami )
BAHAYA KB SUNTIK 3 BULAN TIDAK HAID
Untuk perempuan2 di luar sana yang belum mengalami apa yg sy rasakan mohon lebih hati2 memilih kb yg akan dipakai jika setelah melahirkan.

Saya seorang ibu mempunyai anak 1, saya melahirkan secara ceasar pada bulan MEI 2014.
Lalu setelah saya masa nifas habis pada bulan JUNI 2014 saya memutuskan untuk kb suntik 1 bulan. Saat itu masih normal haid sebulan sekali.

Kemudian bulan berikutnya saya pergi ke bidan lagi untuk kb, tapi bidan menyarankan untuk kb suntik 3 bulan. Karena saya sedang menyusui . sebab kb suntik 3 bulan yg bagus untuk ibu menyusui.
Waktu demi waktu berlalu setiap 3 bulan sekali saya kb suntik tidak haid sama sekali hingga anak saya umur 3 tahun.

Lalu saya berencana ingin menambah momongan. Dan pada awal bulan FEBRUARI 2017 saya lepas kb suntik.

Hingga sebulan berlalu saya belum haid juga, mungkin dampak dari kb suntik jadi hormon belum stabil . sy masih cuek karna banyak yg bilang kalau kb suntik 3 bulan yg gk haid lama mengembalikan masa suburnya.

Hingga akhir bulan AGUSTUS 2017 haid pun tak kunjung datang. Padahal kalau di hitung dari sy lepas kb bulan FEB-AGUTS udah 8 bulan. Tapi belum haid sampai sekarang.

Sudah 3 hari ini saya merasakan sakit banget bagian bawah perut dan keputihan banyak padahal saya tidak pernah keputihan selama kb suntik.

Lalu sore tadi saya memeriksakan ke dokter spesialis kandungan untuk konsultasi penyebab sakit y bagian bawah perut. Saat saya masuk ke ruangan dokter, dokter menanyakan beberapa pertanyaan. Berikut bercakapan saya dan dokter:

Dokter : selamat sore ? Apa yg d keluhkan bu?
Saya : sore dok . ini dok perut saya bagian bawah sakit bget kenapa y dok .
Dokter : menanyakan beberapa pertanyaan .
Saya : menjawab beberapa pertanyaan dr dokter
Dokter : menyuruh saya untuk berbaring d tempat tidur untuk d periksa d usg
Saya : saya berbaring
Lalu perawat membuka sedikit baju saya bagian perut

Dokter :mulai memeriksa dengan alat usg. Lalu dokter menunjukan ada pembekakan d dalam rahim saya yg terinveksi.
Saya : kaget sedih campur aduk lah . . melihat gambar usg yg d tunjukan dokter .
Kemudian saya kembali duduk di kursi depan dokter.
Dokter berkata ” harus d bersihan dulu baru d obatin “
Besok senin tgl 4 SEPTEMBER 2017 datang ke ugd y untuk melakukan tindakan medis pembersihan rahim .
Saya bertanya ke dokter :
Kenapa bisa inveksi pembekakan rahim y dok ?
Dokter menjawab : Karena darah kotor tidak keluar selama itu 3 tahun lebih . makanya membuat bengkak rahim y . kalau kondisi ibu seperti ini gk bakalan bisa hamil .harus d bersihin dulu rahim ibu .
Dalam pikiran ya allah hanya karna KB SUNTIK saya harus melakukan operasi lagi ..='( ='( *Tear* *Tear*
Ternyata bahayanya kb suntik jika tidak haid sama sekali. Pembelajaran terutama buat saya ,harus lebih hati2 lagi memilih kb.

Untuk perempun di luar sana yg belum pernah mengalami apa yg saya rasakan mohoon untuk lebih hati2 dan selektif menggunakan kb suntik . Mohon maaf jika ada kata2 yg mungkin salah karna kesempurnaan hanya milik allah.”

Hingga kini tulisan itu pun sudah dibagikan lebih dari 28 ribu kali. Kisah yang terjadi pada Mey semacam kasus khusus, karena selama ini secara umum suntik KB sesuai prosedur dokter masih aman dilakukan.


Bagaimana menurut Anda? [Radarislam/ Km]

Share This !