3 Orang Ini Didoakan Agar Masuk Neraka Oleh Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril - Radar Islam
loading...

3 Orang Ini Didoakan Agar Masuk Neraka Oleh Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril

3 orang didoakan masuk neraka oleh Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril, Radarislam.com ~ Seperti yang telah kita ketahui, Rasulullah SAW memiliki hubungan yang dekat dengan Malaikat Jibril. Terang saja, isi Al-Qur'an disampaikan kepada Nabi melalui perantara malakat yang berjuluk Ruh al-Amin tersebut. Setiap ada wahyu, Malaikat ini selalu menghampiri Rasulullah.

Tak hanya isi Al-Qur'an yang merupakan firman Allah. Dalam banyak riwayat Nabi, Malaikat Jibril sering datang dan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada san Nabi. Selain itu, Ia juga menemani Rasulullah ketika peristiwa Isra’ Mi’raj untuk menjemput perintah shalat lima waktu.

Pada suatu ketika, Malaikat Jibril pernah datang kepada Rasulullah seraya berdoa agar tiga golongan manusia di masukkan ke dalam neraka. Ternyata, Rasul justru mengaminkannya. Lantas siapakah tiga orang yang dimaksud? Berikut informasinya.

Dari Jabir bin ‘Abdillah rodhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tangga mimbar. Ketika naik ketingkatan pertama, Beliau mengatakan:

“Amin”. Kemudian ketika manaiki tingkatan kedua, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudian ketika menaiki tingkatan ketiga, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudian para shahabat Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Wahai Rosulullah, kami mendengar anda mengatakan amin sebanyak tiga kali”.Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ketika aku menaiki tingkatan tangga pertama, (malaikat) Jibril shalallahu’alaihi wa sallam mendatangiku kemudian berkata, “Celaka seorang hamba yang ia menjumpai bulan Romadhon kemudian Romadhon itu berlalu, dan hal itu tidak membuatnya diampuni”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. Kemudian Jibril berkata, “Celaka seorang hamba yang ia mendapati kedua orang tuanya atau salah seorang dari mereka (masih hidup) tapi hal itu tidak memasukkannya kedalam surga”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. Kemudian Jibril berkata, “Celaka seorang hamba yang ketika(ia mendengar) aku disebut namun ia tidak bersholawat”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. (al ‘Adabul Mufrod 644 (1/224) Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani mengatakan, Shohih li Ghoirihi)

Doa dari kedua makhluk Allah tersebut, belum ditemukan keterangan yang menyebutkan Allah menolaknya. Maka hal tersebut berarti bahwa doa yang disampaikan oleh Malaikat Jibril dan diaminkan oleh Rasulullah tersebut langsung meluncur ke langit tertinggi dan dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah ulasan dari ketiga doa tersebut.

1. Orang yang Tidak Berbakti Kepada Kedua Orangtuanya

Orang masuk dalam doa malaikat Jibril agar masuk neraka adalah mereka yang masih mempunyai ibu dan bapak atau satu di antaranya namun tidak berbakti kepada mereka. Maka ia tidak akan memperoleh surga yang dijanjikan oleh Allah SWT tersebut.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “Apakah hak-hak ibu bapak?” Rasulullah SAW. menjawab, “Mereka adalah jannahmu dan Jahannam-mu, Yakni keridhaan mereka akan mernbawamu ke surga, sebaliknya kemurkaan mereka akan menyeretmu ke neraka.

Selanjutnya disebutkan dalam hadits, “Apabila seorang anak yang taat melihat dengan perasaan kasih sayang dan cinta terhadap kedua ibu bapaknya, maka pahalanya adalah sama dengan haji yang maqbul (diterima).


2. Orang yang Mendengar Nama Rasulullah Namun Tidak Bershalawat Kepadanya
Orang kedua yang termasuk ke dalam doa yang diaminkan Malaikat Jibril dan Rasulullah untuk masuk neraka adalah mereka yang mendengar nama Rasulullah SAW disebut namun tidak bershalawat kepada beliau.

Dari Abi Hurairah, ia berkata. Telah bersabda Rasulullah SAW:
Barang siapa yang berdusta atasku (yakni atas namaku) dengan sengaja, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya (yakni tempat tinggalnya) di neraka”. (Hadits shahih dikeluarkan oleh Imam Bukhari (1/36) dan Muslim (1/8) dll)

3. Orang yang Mendapati Ramadhan Tapi Tidak Mendapat Ampunan
Golongan ketiga yang diaminkan akan masuk neraka oleh Malaikat Jibril dan Rasulullah adalah mereka yang mendapati Ramadan akan tetapi tetap tidak mendapat ampunan dari Allah. Seperti yang diketahui bahwasanya Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan.
Allah SWT melipatgandakan segala pahala untuk setiap amalan kebaikan yang kita lakukan selama bulan suci ini. Akan tetapi banyak orang yang tidak memanfaatkan waktu yang luar biasa ini untuk melakukan amalan kebaikan. Maka celakalah bagi orang yang demikian, sebab ia tidak berusaha untuk mendapatkan ampunan dari Allah dan pada akhirnya terjerumus ke dalam api neraka.

Baca Juga:

Inilah tiga orang yang diaminkan oleh Malaikat Jibril dan Rasulullah SAW untuk masuk ke dalam neraka karena amal perbuatan mereka yang tidak sesuai dengan perintah-Nya. Semoga kita bukan termasuk 3 golongan tersebut. [Radarislam/ Iy]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...