Bolehkah Berdoa “Ya Allah, Jadikanlah Dia Jodohku” ? Begini Penjelasannya - Radar Islam
loading...

Bolehkah Berdoa “Ya Allah, Jadikanlah Dia Jodohku” ? Begini Penjelasannya

Bolehkah berdoa  “ya Allah, jadikanlah dia jodohku”,  Radarislam.com ~ Jodoh merupakan takdir yang udah diatur oleh Allah SWT sebagaimana rezeki, kematian, dan sebagainya.  Namun banyak dari kita yang patah hati ternyata orang yang kita cintai ternyata bukan ditakdirkan menjadi jodoh kita.

Tapi sebenarnya bolehkah kita berdoa kepada Allah agar dia menjadi jodoh kita? Dikutip Radarislam.com dari Ruang Muslimah, Allah SWT tentu hendak mengabulkan tiap doa dari umatnya, tercantum pula doa supaya menemukan jodoh. bahwa berdoa supaya seorang diperuntukan bagaikan jodoh kita, tentu saja boleh. Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

 “Berdoalah kepada -Ku, tentu hendak saya ijabahi doa kamu. ” (Qs. Ghafir: 60).

Hanya yang harus dipahami jika tidak seluruh doa Allah wujudkan sebagaimana yang dimohon hamba-hamba-Nya. sering kali Allah memiliki rencana lain yang lebih baik dari yang kita harapkan. Selain itu, Allah ingin kita selamatkan ia dari bencana, yang senilai dengan doa yang ia memohon. dari Abu Said al - Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad SAW, bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ: إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا

Tiap muslim yang berdoa kepada allah – sepanjang bukan doa yang memiliki dosa ataupun memutus silaturahmi – tentu hendak allah ijabahi permohonannya dengan salah satu dari 3 wujud:
Allah segerakan doanya
Allah simpan doanya buat dikasih kala di akhirat
Allah selamatkan darinya bencana yang misalnya dengan apa yang ia memohon. (hr. Ahmad 11133 dan juga dihasankan oleh Syuaib Al - Arnauth).

Oleh karena itu, bila Allah takdirkan Anda dengan pendamping idaman, ya patutlah bersyukur dan juga menyanjung Allah. Tetapi jika tidak, jangan putus asa dan juga berprasangka kurang baik terhadap - Nya. sebab doa Anda tidak hendak disia - siakan. Meski begitu, bersyukurlah atas seluruh yang telah Allah bagikan.

Baca Juga:

Wallahu’alam. [Radarislam/ Tpb]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...