Saat Adzan Berkumandang Bagaimana Kondisi Setan? Begini Penjelasannya - Radar Islam
loading...

Saat Adzan Berkumandang Bagaimana Kondisi Setan? Begini Penjelasannya

close


Saat adzan begini kondisi setan, Radarislam.com ~ Adzan yang berkumandang menjadi penanda waktk umat islam untuk menunaikan ibadah sholat. Namin ternyata adzan tak hanya sebagai pengingat waktu sholat saja tetapi saat itu juga setan berhenti menggoda manusia.

Ternyata adzan memiliki fakta yang begitu menakjubkan, kala itu setan akan mengalami kondisi buruk saat adzan berkumandang.

Seperti yang kita tahu setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Mereka berusaha menggoda manusia dengan berbagai macam cara sehingga menjadi pengikutnya untuk masuk neraka. Setan akan menggoda manusia dari arah depan, belakang, samping kanan, samping kiri, atas dan bawah. Tapi setan akan lari menjauhi manusia saat mendengar suara adzan.

Saat adzan berkumandang ternyata setan begitu takut mendengar panggilan untuk sholat itu. Mereka akan berlari terbirit-birit sambil mengeluarkan kentut hingga suara adzan itu tidak terdengar. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Pertanyaannya adalah, mengapa setan kian takut ketika mendengar suara adzan hingga setan lari darinya sambil mengeluarkan kentut? Seperti yang kita ketahui bahwa adzan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar islam. Adzan juga merupakan kalimat-kalimat dzikir kepada Allah SWT dan hal itu tentu menyakitkan bagi setan.

Saat mendengar adzan setan akan berputus asa dan lari menjauhi manusia. Ketika mendengar seruan kebaikan ini,  setan dibebani kewajiban untuk meyakini dan menjalankan kandungan seruan kebaikan tersebut.

Alasan lain yang membuat setan lari terbirit- birit adalah karena mereka tidak mau menjadi saksi atas muadzin yang mengumandangkan adzan. Nabi dalam sabdanya mengatakan bahwa semua benda baik kering maupun basah nantinya akan menjadi saksi bagi muadzin yang mendapat keutamaan pada hari kiamat.

“Tidaklah adzan didengar oleh jin dan  manusia, batu dan pohon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.” (HR Abu Ya’la)

Namun ketika adzan telah selesai dikumandang setan akan kembali menggoda manusia. Untuk itu ketika kita mendengar suara adzan kita sebaiknya segera bergegas untuk segera datang ke masjid untuk mendirikan sholat. Hal ini supaya kita dapat menghindari godaan setan yang lebih dahsyat lagi.

Baca Juga:

Wallahu'alam. [Radarislam/ At]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...