4 Amalan Ini, Kemuliaanya Menyerupai Pahala Mati Syahid - RadarIslam.com

4 Amalan Ini, Kemuliaanya Menyerupai Pahala Mati Syahid

RadarIslam.com ~ Setiap muslim pasti mengidam-idamkan mati dalam keadaan syahid ketika ajal menjemput. Salah satunya adalah mati karena jihad dijalan Allah. Tapi kenyataannya banyak yang salah kaprah, mempersempit definisi jihad hanya kepada jihad perang. Bahkan yang disayangkan mereka malah mati sebagai ter*ris, bukan Jihad membela agama Allah tapi justru membuat nama islam itu sendiri tercoreng seolah Islam itu agama yang penuh dengan kekerasan.

Padahal sebagai umat Muhammad, kita itu hendaknya sudah patut bersyukur. Hanya dengan mengikuti dan mengamalkan Sunnah Rasulullah SAW, kita sudah dapat menyamai 100 pahala mati syahid. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan Dari Ibnu Abbas ra. bahwa Nabi SAW bersabda: "Barangsiapa yang berpegang dengan sunnahku, ketika merata kerusakan pada ummatku, maka baginya pahala seratus orang yang mati syahid". (Riwayat Baihaqi)

Dalam riwayat Thabarani dari Abu Hurairah ra. ada sedikit perbedaan, yaitu : Baginya pahala orang yang mati syahid. (At-Targhib Wat-Tarhib 1: 44)

Berikut contoh 4 amalan sesuai Sunnah nabi yang kemuliaannya insyaallah menyerupai pahala mati syahid, seperti yang kami kutip dari Ummi-online.com, diantaranya adalah ;

1. Shalat tahajjud 

Semua rasul, Nabi, kekasih Allah (auliya”) dan para ulama salaf tidak meninggalkan shalat tahajud. Ini merupakan ciri orang saleh dan ikhlas. Dalam rangkai sahabat Ali Bin Thalib menyatakan bahwa, salah satu dari obatnya hati adalah shalat malam dan tahajud. Dan Allah S.W.T berfirman: “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhan Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Israa’:79) 
  
2. Membaca Al-Quran dengan terjemahannya 

Al-Quran merupakan petunjuk dan sumber mata kehidupan. Al Qur’an merupakan pedoman muslim untuk hidup dan menjalani kehidupan. Maka membaca atau tadarus Al-Quran itu penting sekali, kita tidak hanya disuruh membaca, tetapi juga memahami dan menghayati artinya serta dilanjutkan dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. 

3. Memakmurkan masjid/shalat subuh di mesjid 

Masjid adalah rumah nya Allah. Mesjid adalah sebuah tempat suci bagi orang-orang yang senantiasa mensucikan dirinya secara lahir maupun batin. Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman-pengalaman ruhani/spiritual, mengokokohkan iman dan tauhid. Masjid juga sebagai tempat tinggal landas bagi mi’rajnya orang-orang beriman. Dalam artian ini, masjid sebagai tempat menginternalisasikan nilai-nilai Ilahiyah ke dalam dirinya sebagai modal utama dalam kehidupan, baik secara individu, dalam lingkup rumah tangga, masyarkat dan bangsa bahkan dalam lingkup dunia global. 

4. Shalat Dhuha 

Salah satu rahasia Shalat dhuha adalah karena Shalat Dhuha adalah sedekah. Shalat dhuha adalah ibadah sunnah yang senantiasa dilakukan Rasullah Saw. 

Baca Juga:
Setiap amal ibadah yang diperintahkan ataupun dianjurkan Allah dan Rasul- Nya pasti ada rahasia yang tersembunyi di dalamnya. Memang kadang kemampuan akal kita tak dapat menjangkau/memahaminya. Tapi sesuatu yang telah tercantum pada nash, tiadalah bagi kita meragukannya. Wallahu ‘alam. [Radarislam/ bs]

Share This !