Ternyata Anak Yang Sering Main Kotor-kotoran Lebih Kebal Penyakit, Ini Penjelasannya! - RadarIslam.com

Ternyata Anak Yang Sering Main Kotor-kotoran Lebih Kebal Penyakit, Ini Penjelasannya!

RadarIslam.com ~ Mungkin kabar ini agak mengejutkan bagi sebagian kalangan orang tua yang senantiasa berusaha keras menjaga anak-anaknya dari hal-hal yang berbau kotor-kotoran. Umumnya kita menganggap semakin bersih lingkungan anak bermain, maka semakin sedikit pula resiko anak terkena penyakit khususnya yang ditimbulkan oleh kuman atau paparan bakteri jahat.

Lebih-lebih di era modern ini, bukan hanya orang dewasa atau lanjut usia saja yang dapat menderita penyakit kronis tapi termasuk juga anak-anak, seperti yang dilansir laman Kompas, sabtu (23/4) kemarin.


Penyakit kronis seperti 
diabetes, alergi, dan attention deficit disorder (ADHD) meningkat di kalangan anak-anak Amerika. Meningkatnya penyakit kronis ini disebabkan anak-anak terlalu bersih karena orangtua tidak membiarkan anak bermain kotor-kotoran, demikian menurut Maya Shetreat-Klein, MD, ahli saraf anak di New York City.

“Selama ini ada pemikiran umum bahwa anak-anak tidak boleh kotor. Kita jadi sangat protektif pada anak, padahal kebutuhan untuk melindungi anak bisa jadi bumerang," ujar Maya.

Menurutnya, ada berbagai studi yang menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu bermainnya di luar rumah ketimbang di dalam rumah, mampu mengerjakan ujian lebih baik di kelas. 

Selain itu gejala ADHD dan stres juga berkurang, dan risiko obesitas menurun. "Mereka cenderung memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mereka yang menghabiskan waktunya di dalam ruangan," jelas Maya.

Sayangnya, orangtua masa kini kerap berpikir bahwa anak-anak harus bersih. Kita mengamankan segala sesuatu, dari rumah, mobil, hingga mainan anak. Tas keperluan anak selalu dilengkapi sabun, tisu basah, dan hand sanitizer. Kita terjebak dalam kebiasaan melarang anak bermain kotor, dan mencoba membasmi dunia anak dari kuman demi melindungi mereka.

Saat tangan anak terpapar kotoran, entah itu tanah, sisa makanan, atau debu, kita langsung berusaha membersihkannya agar anak tidak terpapar kuman. Kita juga dengan mudahnya menebus obat-obatan antibiotik karena khawatir anak terpapar kuman dan bakteri.

Padahal, kembali Maya mengatakan, anak-anak menjadi alergi dan rentan terserang asma atau penyakit autoimun justru karena tidak cukup terpapar bakteri. 

Berbagai data menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita akan berfungsi dengan baik ketika kita terpapar mikroba, organisme, dan juga keanekaragaman pola makan dan lingkungan. Paparan tersebut bisa melalui saluran pencernaan, hidung, atau sistem pernapasan.

Itu sebabnya, Mama perlu membiarkan anak bermain kotor-kotoran di luar ruangan. Karena paparan terhadap organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah, tanaman, dan lain sebagainya, memengaruhi penurunan alergi. 





Baca Juga:
- Ditanya Siapa Nama Menteri, Jawaban Santri Ini Membuat Jokowi Dan Hadirin Tertawa Terpingkal-pingkal

- Kesaksian Azlina, Hafal Alquran Setelah 2 Jam Mati Suri

Dengan demikian dapat disimpulkan, bermain di luar ruangan dan terpapar kotoran bisa membuat sistem kekebalan anak lebih sehat. (Dini/Tabloid-Nakita.com)

Share This !