Pemimpin ISIS Al-Baghdadi Dikabarkan Tewas Oleh Serangan Koalisi AS - RadarIslam.com

Pemimpin ISIS Al-Baghdadi Dikabarkan Tewas Oleh Serangan Koalisi AS

Radarislam.com ~ Pimpinan ISIS, Bakr Al-Baghdadi, kabarnya tewas karena serangan udara koalisi Amerika Serikat. Baghdadi dikabarkan tewas oleh situs Daily Star dalam serangan udara yang dilakukan di basis ISIS di Raqqa.

Kabar ini juga dimuat dalam media pemerintahan Iran dan media Turki yang pro dengan pemerintah yaitu Yenis Safak.  Di sana dicantumkan “Abu Bakr Al-Baghdadi tewas pada hari kelima Ramadhan karena serangan udara di Raqqa.”

Sedangkan menurut sumber lainnya, Baghdadi tewas di Mosul, Irak karena sebab yang serupa. Pasukan keamanan Irak mengatakan, “Pesawat Irak yang menyerang Baghdadi ketika dia bergerak dari Karabla untuk mendatangi sebuah pertemuan pemimpin teroris ISIS.”

Berita itu muncul setelah saluran TV Irak, pekan lalu, mengklaim bahwa Baghdadi, yang diyakini berada di Raqqa, terluka oleh bom dari serangan udara koalisi pimpinan AS. Perkembangan terbaru tentang serangan koalisi itu jelas merupakan sebuah pukulan telak bagi kekuatan pasukan ISIS.

Baghdadi, yang dikenal di antara para pendukungnya sebagai Khalifah Ibrahim, untuk pertama kalinya memperlihatkan wajahnya pada khotbah Jumat di Mosul, Irak, tahun 2014. Baghdadi pernah terluka parah karena terkena sebuah serangan udara di Irak barat, seperti dilaporkan Guardian, Selasa (21/4/2015), dengan mengutip sejumlah sumber. Dia menderita luka serius dalam sebuah serangan koalisi pimpinan AS pada Maret 2015.

Pada mulanya Baghdadi dikabarkan akan tewas dan kelompok ISIS berencana mengangkat pimpinan yang baru. Sekarang, berita soal Baghdadi yang sedang tewas tersebut memicu kegentingan pada tubuh ISIS. Apalagi sekarang ISIS sedang dalam kondisi terdesak oleh serangan AS.

Juru bicara koalisi AS, Kolonel Chris Garver, menyebutkan bahwa dia membaca e-mail yang mengatakan bahwa Baghdadi sudah tewas, tetapi belum waktunya untuk mengkonfirmasi hal-hal tersebut. (*)

Sumber: Kompas.com

Share This !