Anak Malas Shalat? Jangan Hanya Menyuruh, Orang Tua Wajib Tahu - Radar Islam
loading...

Anak Malas Shalat? Jangan Hanya Menyuruh, Orang Tua Wajib Tahu

Radarislam.com ~ Orang tua akan bersikap dewasa dan sebijak mungkin di mata anak-anak mereka. Sebab orang tua adalah panutan bagi anak-anak. Untuk itulah, orang tua berperan mengajarkan betapa pentingnya beribadah termasuk shalat.

Islam mengajarkan kita untuk menjadikan ibadah kesabaran dan shalat sebagai penolong. Salah satunya dengan cara mendidik anak yang malas shalat. Memang susah-susah gampang. Yang harus kita lakukan, tanamkan sejak dini dalam diri anak bahwa shalat merupakan kebutuhan manusia yang wajib dijalani setiap harinya.


Rasul sendiri sudah mengajarkan bagaimana mendidikan anak untuk shalat. Yang pasti, ajarkan anak shalat sejak dini. Jika tidak mau menjalankan shalat, tegurlah dengan kata-kata yang baik. Namun jika masih saja tak menuruti, Anda diperbolehkan memukulnya, namun bukan untuk menyakitinya tapi sekedar pelajaran dan jangan terlalu sering.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendidik anak yang malas shalat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Berikan hadiah
Anak usia sekolah pasti senang jika diberi hadiah dan beri pengertian padanya bahwa siapa saja yang menjalankan shalat akan mendapatkan pahala dan yang meninggalkan akan mendapat siksa.

2. Mengajak anak shalat
Sebaiknya jangan hanya menyuruh anak. Anda juga turut melaksanakan shalat, Anda bisa mengajak anak Anda untuk bersama-sama menunaikan shalat.

3. Tunda segala aktivitas
Jika adzan sudah berkumandang, hentikan semua aktivitas dan segera mengajaknya mengambil wudlu. Hal ini dilakukan agar anak Anda menjadi lalai dalam menjalankan shalat.

4. Ingatkan lewat media sosial
Jika anak Anda sudah menginjak masa remaja, bisa diingatkan melalui media sosial saat waktunya shalat, tidak perlu malu untuk melakukannya karena memang sudah merupakan kewajiban.

5. Beri Pelajaran tapi tak menyakitkan
Jika anak sudah tak bisa dinasehati dengan kata-kata, Anda boleh memukulnya saat usianya sudah 9 tahun ke atas. Ini bukanlah pukulan untuk menyakiti dan jangan terlalu sering. Beri pengertian padanya bahwa meninggalkan shalat siksanya begitu berat di akhirat.

Baca Juga:

Dalam kondisi saat ini, anak-anak bahkan orang dewasa dengan mudahnya meninggalkan shalat. Untuk itu, tanamkan pada diri anak Anda untuk taat beribadah sejak dini. Karena semua itu sebagai bekal untuknya saat mereka berada di akhirat nanti. Semakin banyak beribadah semakin dekat pula surga di hadapan kita. [Radarislam/ Ps]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...