Inilah Deretan Istri dan Anak-Anak Raja Salman yang Jarang Diekspose Media - Radar Islam
loading...

Inilah Deretan Istri dan Anak-Anak Raja Salman yang Jarang Diekspose Media

Radarislam.com ~ Tak banyak diketahui media, siapa istri Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud (81 tahun) mempunyai 3 istri dan dikaruniai 13 anak.

Istri pertamanya adalah sepupu jauhnya, Sultanah bint Turki Al Sudairi. Dari pernikahan pertama ini, Raja Salman memiliki enam orang anak, namun dua di antara meninggal dunia. Keenam anak Raja Salman dari istri pertama, adalah:

1. Pangeran Fahd,
2. Pangeran Ahmed,
3. Pangeran Sultan,
4. Pangeran Abdulaziz,
5. Pangeran Faisal,
6. Putri Hassa.

Sang istri Sultanah, diketahui telah meninggal di usia 71 tahun pada 2011. Dua putranya, Pangeran Fahd dan Ahmed juga meninggal mendahului ayahnya karena serangan jantung.
Pangeran Sultan
Sedangkan Pangeran Sultan memiliki prestasi cemerlang. Ia menjadi anggota kerajaan pertama yang terbang ke luar angkasa, Discovery pada Juni 1985. Pangeran Sultan juga merupakan Ketua Saudi Commission for Tourism and Antiques (SCTA).
Pangeran Faisal  (dua dari kanan)
Selain itu, Abdul Aziz bin Salman menjadi wakil menteri perminyakan sejak 1995. Pangeran Faisal bin Salman terjun ke dunia politik denagn menjadi Gubernur provinsi Madinah.

Kemudian bersama istri keduanya, Sarah bint Faisal Al Subaiâ'ai. Raja Salman hanya dikaruniai satu putra yaitu Pangeran Saud.

Sementara itu, pada pernikahan ketiganya dengan Falah bin Sultan Al Hithalayn, Raja Salman kembali dianugerahi enam anak yang semuanya lelaki yakni:

1. Pangeran Mohammed
2. Pangeran Turki
3. Pangeran Khalid
4. Pangeran Nayif
5. Pangeran Bandar
6. Pangeran Rakan.
foto : Pangeran Muhammad
Pangeran Muhammad, merupakan penasehat pribadinya di kementerian pertahanan dan di Crown Prince Court. Lalu Pangeran Turki bin Salman menjadi ketua Penelitian dan Marketing Group Arab Saudi sejak Februari 2013, menggantikan kakaknya Faisal bin Salman yang meninggal dunia.
Pangeran Turki
Lalu ada Pangeran Khalid yang disebutkan oleh Business Insider sebagai seorang pilot jet tempur F-15 yang turut serta memerangi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada September 2014 lalu. Sementara ketiga pangeran lain yakni Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan tidak terdapat informasi yang diketahui.
Pangeran Khalid
Jika ditinjau kembali, bila Raja Salman telah meninggal dunia maka gelar Raja Arab Saudi akan jatuh pada Muhammad bin Nayef yang merupakan anak tertua dari kakak Raja Salman, Nayef bin Abdulaziz. Hal ini disebabkan oleh jabatan yang dipegangnya saat ini sebagai putra mahkota.

Baca Juga:

Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, atau Pangeran Muhammad bin Nayef diketahui meninggal dunia maka tahta kerajaan akan diserahkan pada putra sulung Raja Salman dari istri ketiganya, yakni sang Menteri Pertahanan Termuda Pangeran Mohammed. [Radarislam/ Tn/ Kl]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...