Nenek Ini Dijadikan Pengemis dan Wajib Setor Rp 150 Ribu Sehari, Kisahnya Bikin Netizen - Radar Islam
loading...

Nenek Ini Dijadikan Pengemis dan Wajib Setor Rp 150 Ribu Sehari, Kisahnya Bikin Netizen

Radarislam.com ~ Masih banyak orang yang usia renta tapi masih saja bekerja keras. Namun hal ini mungkin membuat geram publik. Sebab para lanjut usia (lansia) ini malah dipekerjakan oleh jaringan tertentu sebagai pengemis.

Rombongan pengemis ini diturunkan ke jalan menggunakan mobil. Mereka disuruh mengemis dan hasilnya akan disetorkan. Salah satunya netizen bernama Vansyskha Purwanto berhasil mengungkap di akun Facebooknya.

Dalam postingannya Vansyskha bercerita, awalnya ia melihat seorang nenek tua yang duduk bersandar di sekolah anaknya dengan wajah pucat dan mengaku kehausan. Merasa iba akhirnya Vansyskha mengajak lansia tersebut ke rumahnya dan memberikan makan minum.

Setelah berbincang beberapa saat wanita tua itu mengaku terpaksa mengemis supaya bisa makan karena suaminya telah meninggal dunia dan anaknya pun berkebutuhan khusus. Mirisnya, ternyata nenek tersebut harus setor Rp 150 ribu pada oknum sebagai uang bensin dan uang sewa pakaian.

Setelah membayar setoran para pengemis baru bisa diantar menggunakan mobil bersama sekitar 30 orang pengemis lainnya. Dalam foto yang diunggah Vansyskha, pengemis itu tampak kelelahan dan renta.

“Suaminya meninggal saat kebakaran dan anak lelakinya cacat tangan dan kakinya diputus (mungkin diamputasi) dan anaknya menjadi pengemis juga di daerah Sukun, Malang, Jawa Timur. Sementara simbah bilang terpaksa mengemis karena perlu makan. Simbah cerita ke sini rame-rame diantar mobil dan temannya ada sekitar 30 orang yang semuanya sudah berusia senja. Bukankah ini termasuk eksploitasi?,” tulis Vansyskha dalam postingannya.

Setelah Vansyskha memberi beberapa potong baju suami, kain jarit dan makanan serta uang ala kadarnya nenek itu langsung pamit. Vansyskha mengatakan ketika mau diantar sang nenek menolak karena harus mengejar setoran.

Sejumlah netizen pun geram melihat postingan Vansyskha karena hal tersebut termasuk eksploitasi orang tua. Mereka sangat berharap agar oknum nakal tersebut segera ditindak oleh pihak berwenang.

Baca Juga:
Ya, eksploitasi lansia kini semakin marak di Indonesia. Mereka bukannya dirawat dengan baik malah dipekerjakan untuk meminta belas kasihan. Miris! [Radarislam/ Ip]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...