Duh, Masjid Raya KH Hasyim Asyari Dituding Berbentuk Salib dan Yahudi! Tapi Inilah Yang Sebenarnya - Radar Islam
loading...

Duh, Masjid Raya KH Hasyim Asyari Dituding Berbentuk Salib dan Yahudi! Tapi Inilah Yang Sebenarnya

Radarislam.com  ~  Baru-baru ini Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di wikayah Daan Mogot Jakarta Barat. (15/4/2017). Menurut Jokowi, masjid raya ini dinamakan KH Hasyim Asy'ari bukan tanpa sebab.


“Kita tahu almarhum adalah pahlawan nasional yang mencintai republik ini dengan sepenuh hati. Beliau telah membuktikan bahwa kecintaan terhadap negeri takkan terlunturkan komitmennya," ujarnya.

Sebagai tokoh pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari, menurut Jokowi, sudah meletakkan fondasi agama yang moderat. Jokowi berharap keteladanan KH Hasyim Asy'ari dapat dicontoh. 

"Kita perlu meneladani jasa-jasa beliau dalam nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, nilai keagamaan yang sesuai dengan prinsip Islam rahmatan lil 'alamin relevan dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk yang plural, negara yang beragam. Masjid ini menjadi simbol keislaman yang ramah, keislaman yang moderat, yang menjadi pilar keberagaman Kota Jakarta, pada khususnya, dan Indonesia, pada umumnya," sambung Jokowi. 

Namun berdirinya masjid KH Hasyim Asyari ini malah menuai kontroversi.  Ada pihak yang menilai bangunan masjid jika dilihat dari atas  bentuknya seperti  salib. 
Tak hanya itu, atap masjid yang berkapasitas 12 ribu jamaah itu dinilai bentuknya mirip lambang Yahudi, bintang Devid. 
Padahal jika dilihat lebih detail, bentuknya hanya mengadopsi bangunan khas ala Betawi, yakni melati. 
Tidak hanya itu, terkait pintu masuk masjid dinilai tampak bergambar salib seperti gereja.

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...