Meski Tajir dan Hidup Dalam Kemewahan, Ternyata Raja Salman Masih Kalah Tajir Dari Sultan Brunei, Ini Perbandingannya - RadarIslam.com

Meski Tajir dan Hidup Dalam Kemewahan, Ternyata Raja Salman Masih Kalah Tajir Dari Sultan Brunei, Ini Perbandingannya

Radarislam.com ~ Perhatian publik Tanah Air sempat tersita dengan kedatangan Raja Arab Saudi ke Indonesia membawa dampak yang cukup besar beberapa waktu lalu. Kunjungannya membahas hubungan kerjasama antara Indonesia dan Arab Saudi.

Selain hubungan antara sesama negara Islam yang bertambah kuat, kerjasama juga berlangsung dalam bidang ekonomi. Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia membawa triliunan rupiah sebagai bentuk investasi.

Arab Saudi memang dikenal sebagai sumber daya alam minyak bumi yang melimpah maka tak heran jika Raja Salman kaya raya. Raja Salman ditaksir memiliki kekayaan pribadinya hampir sekitar 18 miliar dollar AS atau setara Rp 240,8 triliun.
Ia bahkan menghabiskan uang sebesar 30 juta dolar AS atau sekitar Rp 400 miliar saat berlibur di Maladewa. Namun ternyata kekayaan Raja Salman tidak sebanding dengan Sultan Brunei. Sultan Brunei Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah memiliki kekayaan yang jauh lebih tinggi daripada Raja Salman. Inilah 5 fakta Raja Salman kalah tajir dengan Sultan Brunei:

1. Total Kekayaan Raja Salman $ 18 miliar, Sultan Brunei $ 20 miliar
Tidak hanya menjabat sultan, Hassanal Bolkiah juga menjadi Perdana Menteri Brunei Darussalam. Jabatannya ini tentu memberinya kontrol penuh atas negara. Bahkan Sultan Brunei ini memiliki hobi yang cenderung mahal dan berbeda. Dia gemar mengumpulkan mobil, tapi bukan sembarang mobil. Koleksinya mobil-mobil mewah yang paling mahal di dunia.

2. Peringkat kekayaan Sultan Brunei berada di atas Raja Salman
Menurut Forbes, Sultan Brunei adalah Raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, yang wafat pada tahun 2016. Kekayaan Sultan Brunei mencapai $ 20 miliar atau setara Rp 266 triliun. Kekayaan ini sebagian besar disebabkan oleh pembangunan minyak dan gas di Brunei selama beberapa dekade terakhir.
Dia dilaporkan menghabiskan $ 100 juta untuk beli pesawat Boeing 747-400 yang dilengkapi dengan dengan wastafel yang terbuat dari emas padat dan Lalique kristal.
Istana Nurul Iman miliknya adalah tempat tinggal terbesar di dunia. Ada 1.788 kamar dan dibangun dengan biaya lebih dari $ 350 juta.

3. Punya 5.000 mobil
Sultan Brunei memiliki lebih dari 5.000 mobil, termasuk mobil mewah eksotik, mobil sport, dan mobil limited edition. Bahkan ia memiliki lebih dari 300 Ferrari, 126 Porsche, 600 Rolls Royce, 170 Jaguar, 180 BMW, 360 Bentleys, 11 McLaren F1s, dan 530 Mercedes-Benz.
Perusahaan Mercedes-Benz dikabarkan pernah membuatkan mobil berlapis emas untuknya. Mobil itu satu-satunya Mercedes Benz CLK-GTR dengan setir di kanan yang ada di dunia.

4. Properti Sultan Brunei di Australia itu lebih besar dari Brunei
Banyaknya dolar dari hasil minyak memungkinkan negara tetangga yang kecil ini jadi negeri yang makmur. Sultan Bolkiah bahkan memberikan daging sapi terbaik dari Australia yang dibawa ke Brunei itu untuk konsumsi.
Sapi-sapi yang dibesarkan di peternakan Australia lantas diimpor sebagai sumber makanan penting. Sultan memiliki sebuah peternakan seluas 579.000 hektar di Australia. Itu adalah tanah yang lebih besar dari negara-nya.

5. Perayaan ulang tahun
Pesta ulang tahun ke-50 Sultan Brunei juga pernah berlangsung sangat mewah dan meriah selama dua minggu. Acara tersebut dimulai dengan prosesi militer, yang diikuti oleh pertandingan polo melawan Pangeran Charles. Sebanyak 3.000 teman terdekatnya juga diundang untuk makan malam dengan koktail dan sampanye.
Dia juga memberikan hiburan yang hebat. Sultan Brunei sampai mengundang Michael Jackson, The King of Pop, untuk melakukan tiga konser. Yang pertama untuk menghibur 60.000 fans di Jerudong Amusement Park, dan 2 lainnya untuk teman-teman khusus Sultan.

Baca Juga:

Wah, luar biasa ya? [Radarislam/ Tn]

Share This !