Temukan Cacing Raksasa, Yang Terjadi Pada Nelayan ini Bikin Netizen Shock - Radar Islam
loading...

Temukan Cacing Raksasa, Yang Terjadi Pada Nelayan ini Bikin Netizen Shock

Radarislam.com ~ Yang biasa kita lihat, cacing berukuran kecil dan bersembunyi di lapisan tanah. Namun, untuk pertama kalinya para ilmuwan berhasil menemukan cacing raksasa yang hidup di laut. Cacing berwarna hitam itu ditemukan di Filipina dan termasuk spesies langka.

Penemuan makhluk misterius ini berkat sebuah film dokumenter tentang sekelompok nelayan Filipina yang sepanjang hidup mereka untuk berburu dan memakan cacing laut biasa.

"Semuanya dalam Bahasa Tagalog, jadi saya tidak begitu mengerti," kata Margo Haygood, seorang profesor peneliti dalam bidang obat-obatan kimia di University of Utah College of Pharmacy, dikutip Radarislam dari laman Upi.com, (20/4/2017)

Haygood mengatakan dalam film itu mereka terlihat sedang berburu dan memakan cacing laut biasa. Tiba-tiba seekor cacing laut raksasa muncul dari tempat persembunyiannya, dan para nelayan itu mengambil dan memasaknya juga.

Saat ditanyakan dimana cacing tersebut ditemukan, para nelayan enggan menunjukkan lokasi perburuan mereka. Namun sebuah tim yang diketuai Daniel Distel dari Northeastern University berhasil menemukan petunjuk tentang lokasi keberadaan cacing laut raksasa. Para ilmuwan mengumpulkan 5 cacing laut raksasa dari bawah lumpur sebuah teluk di sepanjang pantai di Mindanao. 

Di teluk tersebut pernah didirikan pabrik pemotongan kayu. Spesies cacing laut raksasa menggantungkan hidupnya dengan memakan kayu-kayu yang membusuk
.
Makhluk dengan nama Latin Kuphus polythalamia ini sebagian besar menghabiskan hidup di dalam lumpur dasar laut, tertutup oleh cangkang yang keras. Panjang cacing raksasa ini bisa mencapai lebih dari 1,5 meter.

Menurut para ilmuwan, penemuan pertama kali yang ditulis di Jurnal PNAS ini merupakan babak baru. Mereka berharap mikrobioma dalam cacing laut raksasa yang saat ini diteliti di laboratorium bisa mengungkapkan zat unik yang membantu makhluk tersebut bertahan hidup
.
Selain itu, para ilmuwan juga berharap mendapat pengetahuan yang lebih banyak tentang siklus hidup dan perilaku cacing laut raksasa tersebut.

" Spesies unik ini tidak masuk dalam keluarga apa pun, tapi kami tahu mereka pasti punya nenek moyang pemakan kayu," kata Haygood.

Dia mengaku belum tahu bagaimana siklus hidup cacing-cacing ini. Masih menjadi teka-teki pula di mana tempat yang terdapat populasi lebih banyak dari cacing-cacing ini.

" Kami juga belum tahu berapa usia mereka. Apakah spesimen yang kami tangkap berusia beberapa tahun, atau beberapa ratus tahun? Kami masih perlu menyelidikinya," ujar Haygood.

Berikut videonya:
Baca Juga:

Seram juga ya? Bagaimana tanggapan Anda? [Radarislam/ Upi]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...