Disinilah Tempat Terbunuhnya Dajjal Oleh Nabi Isa AS - Radar Islam
loading...

Disinilah Tempat Terbunuhnya Dajjal Oleh Nabi Isa AS

Radarislam.com ~ Dajjal merupakan makhluk ciptaan Allah yang muncul ketika menjelang hari kiamat. Ia memiliki sifat yang begitu jahat, yakni pembawa fitnah terbesar di muka bumi kelak. Dajjal tidak akan membiarkan ada kaum muslimin yang tersisa sebelum hari akhir tiba.

Makhluk bermata satu tersebut akan senantiasa membawa fitnah terbesar bagi manusia agar mereka terjerumus dalam kesesatan. Siapa yang kuat imannya maka ia akan terbebas dari fitnah ini, namun bagi mereka yang lemah maka akan mudah untuk menjadi pengikutnya. Dikatakan dalam sebuah riwayat, kematian Dajjal kelak disebabkan karena dibunuh oleh Nabi Isa AS yang turun ke bumi di sebuah wilayah di dunia ini. Lantas dibelahan bumi manakah Dajjal ini kelak akan terjadi?

Kemunculan Dajjal di akhir zaman menjadi salah satu pertanda semakin dekatnya hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda:

Ketika sedang tidur, aku bermimpi melakukan tawaf di Ka’bah. Lalu, ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini? Mereka menjawab, ‘Ibnu Maryam AS’.”

“Kemudian, aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar). Mereka mengatakan, ‘Ini Dajjal’. Dia adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza’ah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ternyata kelak Dajjal akan terbunuh di tangan Nabi Isa AS bertempat di Gerbang Lod. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa hadist yang menyatakan perihal permasalahan ini.

Dalam hadist disebutkan bahwa, “Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.” (HR Abu Daud)

Dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajal di Bab Lud(Gerbang Lod).” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

“Tidak ada satu orang kafir pun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu, Isa berhasil menyusul Dajjal di Pintu Lod dan membunuhnya. Lalu, beberapa kaum Muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kepada mereka tentang kedudukan mereka di surga.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (Gerbang Lod).” (Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Lantas dimanakah letak Gerbang Lod tersebut? Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, Lod atau Gerbang Lod ini terletak di dekat Baitul Maqdis atau Elia di Palestina dekat dengan Ramalah.

“Dahulu, rombongan kafilah dari Syam (Suriah) yang menuju Mesir singgah di kota ini, begitu juga sebaliknya,” ujar Dr Syauqi.

Kaum Yahudilah yang memberi nama kota tersebut dengan sebutan Lod. Di bangsa Arab menyebutkan kota ini dengan nama Ludd atau Al-Ludd. Kota ini luasnha hanya sekitar 13 kilometer saja. Pada ribuan tahun silam, kota ini dikenali dengan nama Lydda Diospolis. Terletak di daerah tengah Israel. Lod berada kurang lebih 15 kilometer dari Tenggara Tel Aviv. Pada tahun 2011 lalu, populasi dari kota ini berjumlah sekitar 70 ribu. 80% dari jumlah tersebut adalah kaum Yahudi dan selebihnya merupakan bangsa Arab.

Dulunya kota ini dipenuhi oleh bangsa Arab yang beragama Islam. Akan tetapi, dikarenakan adanya penjajahan dari Israel pada 1948 banyak penduduk Islam yang telah diusir. Lalu mereka memperluas proyek untuk membuat pemukiman kaum Yahudi di wilayah tersebut. Apabila kita mempelajari sejarah dari kota Lod ini, maka dapat diketahui bahwa kota ini mungkin sudah ada sejak tahun 5600 Sebelum Masehi. Hal ini didasarkan pada usia tembikar dan beberapa barang arkeologi yang ditemukan tempat tersebut. Sejarah pernah mencatat kota kecil ini pernah ditaklukkan.
Pada abad ke 15 Sebelum Masehi, Kota Lod ini berkembang sebagai pusat pemikir dan perdagangan kaum Yahudi. Tapi pada tahun 70 Masehi Lod berhasil ditaklukkan oleh penguasa Romawi. Dalam peperangan tersebut, Romawi berhasil menjadikan penduduk di sana sebagai budak dan perang berhasil membuat kehancuran di kota ini.

Ketika dalam pengaruh kekuasaan Romawi, kebanyakan penduduk di kota ini yang menganut agama Kristen. Terlebih lagi, adanya usaha dari penguasa Romawi untuk mengkristenkan penduduk yang berada dalam wilayah kekuasaannya. Cahaya Islam mulai muncul di kota ini ketika tentara Islam yang dipimpin oleh Amr Ibn Al-As berhasil menaklukkan Lod pada tahun 636 Masehi.

Namun, kejayaan tersebut tidak berlangsung lama, sebab pada tahun 1099 tentara salib kembali berhasi merebut kota Lod. Pada saat terjadi perang salib tentara Islam yang dipimpin oleh Saladdin. Shalahuddin berhasil merebut kembali kota ini. Seiring berjalannya waktu dan pergantian zaman, kota Lod turut berkembang di bawah pemerintahan Kekhalifahan Utsmanniyah.

Hingga tahun 1948 kota Lod masih berada di dalam kawasan kekuasaan Arab di bawah Palestina. Kala itu, populasi penduduk yang beragama Islam berjumlah sekitar 20 ribu umat dan hanya sekitar dua ribu orang saja yang beragama Kristen. Akan tetapi, pada Juli 1948 Israel berhasil merebut dan menguasai kota ini.

Demikianlah informasi mengenai tempat terbunuhnya Dajjal oleh Nabi Isa AS terletak di Gerbang Kota Lod. Sebuah kota kecil yang kurang lebih 13 kilometer saja. Mohonlah perlindungan kepada Allah agar terhindar dari segala fitnah Dajjal di akhir zaman kelak.

Baca Juga:

Wallahualam. [Radarislam/ Iy]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...