Tips Pilih Dan Simpan Kurma Yang Baik, Begini Caranya! - Radar Islam
loading...

Tips Pilih Dan Simpan Kurma Yang Baik, Begini Caranya!

Radarislam.com ~ Bulan Ramadhan kini semakin dekat. Kurma selalu jadi primadona untuk dikonsumsi. Tak hanya populer dijadikan menu olahan takjil, kurma juga bisa jadi bahan untuk aneka kue dan makanan.

Kurma memang kaya akan gizi dan nutrisi. Buah ini mengandung vitamin C, serat, kalium, dan anti-oksidan. Kandungan mineralnya pun luar biasa, seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan selenium.

Itulah kandungan berlimpah di balik kurma yang kita konsumsi. Tapi apakah selama ini kita sudah memilih dan mengolah kurma dengan benar? Inilah tips menyimpan, dan memasak kurma:

1. Memilih Kurma
Perhatikan warna dan permukaan kurma. Pilihlah yang mengkilat, memiliki warna yang merata, dan tidak pecah-pecah. Aromanya juga perlu diperhatikan. Umumnya kurma yang baik memiliki aroma yang khas. Jika membeli kurma dalam kemasan, perhatikan tanggal kadaluarsanya juga.

2. Menyimpan Kurma
Kurma yang dijual di pasaran sangat beragam. Ada yang dijual dalam keadaan kering. Tapi ada juga yang dalam keadaan semi kering dan basah. Cara penyimpanannya sebenarnya tak terlalu sulit.
Untuk kurma semi kering dan kering, kita bisa menyimpannya di suhu ruang, lemari es, maupun freezer. Sementara kurma kering dan semi kering umumnya bisa bertahan hingga setahun di lemari pendingin. Hanya saja untuk kurma basah sebaiknya simpan dalam wadah tertutup di freezer.

3. Memasak Kurma
Jika Anda ingin mengolah kurma untuk dimasak  elah dahulu lalu keluarkan bijinya. Setelah itu, rendam dengan air panas sejenak sebelum mengirisnya agar lebih mudah saat diolah atau dicampurkan ke bahan makanan lain.

Baca Juga:

Nah itulah tips seputar kurma yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Bs]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...