5 Sikap Ini Membuat Anda Menyakiti Hati Orang Tua Tanpa Sengaja - RadarIslam.com

5 Sikap Ini Membuat Anda Menyakiti Hati Orang Tua Tanpa Sengaja

Radarislam.com ~ Sebagai anak tentu ada sikap yang tidak disengaja membuat orang tua terluka hatinya. Atau mungkin saja, kita sudah mengasihi orangtua, tapi bagaimana mereka tahu jika tidak ditunjukkan betapa kita menyayanginya.

Anak yang telah dewasa kadang sibuk dengan pekerjaan dan keluarga mereka sendiri sehingga melupakan orangtua tanpa sadar. Orang tua pun merasa dilupakan karena mereka membutuhkan pernyataan kasih sayang Anda. Perhatikan apakah Anda melakukan hal-hal berikut ini untuk memastikan bahwa Anda tidak melukai hati orangtua.

1. Jarang Menelepon
Bayangkan senyum lebar yang mengembang di wajah orangtua ketika menerima telepon Anda. Mata mereka akan berbinar mengetahui mereka tidak dilupakan. Ceritakan kabar baik yang terjadi pada diri Anda. Jika Anda mengalami kesulitan, mereka tentu juga ingin tahu, siapa tahu mereka dapat menjadi tempat curahan hati.
Biarkan mereka masuk dalam hidup Anda. Suatu hari bila Anda berada dalam posisi mereka, barulah Anda dapat merasakannya.
Hormati nasehat mereka yang sudah banyak makan asam-garam kehidupan. Bukan berarti Anda harus mengikutinya, cukup dengarkan dan pertimbangkan dengan hormat.
Jika Anda tidak menelepon karena khawatir akan mendengar keluh-kesah mereka, seharusnya Anda malu. Mereka perlu berbagi dengan seseorang yang mengasihi mereka tentang apa yang terjadi dengan mereka.
Anda mungkin tidak dapat memperbaiki segalanya, tetapi cukup dengan mendengarkan saja akan membuat mereka merasa jauh lebih lega.

2. Merasa Berhak Atas Uang Mereka
Mereka bekerja keras sehingga memiliki banyak hal untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri, bukan Anda. Anda sudah dewasa dan mampu mencari uang sendiri. Jika Anda pernah berutang kepada mereka, lunaskan segera. Mereka perlu tenang mengetahui punya cukup uang untuk memenuhi pengeluaran tak terduga yang banyak terjadi di masa tua.
Mereka juga layak menikmati hari tuanya. Bantulah mewujudkannya dengan cara menjauhkan tangan Anda dari dompet mereka.

3. Tidak Mengulurkan Bantuan
Makin lanjut usia, mereka makin butuh bantuan, seperti membersihkan halaman atau rumah. Mampirlah ke rumah mereka dan tawarkan bantuan apa saja.
Ini merupakan hadiah menyenangkan bagi orangtua. Mereka tidak lagi segesit dulu, daya ingat pun mundur. Tanyakan apakah mereka perlu bantuan dalam mengurus keuangan. Jangan memaksa.

4. Lupa Mengundang ke Hari Penting Keluarga Anda
Ingatlah untuk mengundang mereka di hari ulang tahun anak atau perayaan lulus sekolah. Selain itu undanglah mereka untuk makan bersama paling tidak seminggu sekali.

5. Jarang Menyatakan Sayang
Orangtua ingin sekali mendengar, “Saya sayang Ayah/Ibu.” Bagi orangtua, perkataan ini seperti sinar matahari yang menerangi jiwa mereka. Jika Anda tidak biasa mengucapkannya, mulailah sekarang juga.
Tidak sekadar mengatakan “Saya sayang Mama,” di akhir pembicaraan di telepon. Ucapkanlah dengan hangat dan penuh makna. Ucapan ini akan tersimpan dalam hati mereka selamanya.

Jika ada 5 sikap berikut sering Anda lakukan sebaiknya perbaiki segera demi kebahagiaan mereka yang sudah mendidik dan membesarkan. [Radarislam/ Kl]

Share This !