Kenapa Hanya Adzan Subuh dan Maghrib yang Di Siarkan di Televisi, Begini Alasannya - RadarIslam.com

Kenapa Hanya Adzan Subuh dan Maghrib yang Di Siarkan di Televisi, Begini Alasannya

Alasan hanya adzan maghrib dan subuh disiarkan di televisi, Radarislam.com ~ Banyak orang yang bertanya mengenai hal ini, mengenai kenapa hanya adzan shubuh dan maghrib yang disiarkan di televisi, sedangkan dzuhur, ashar, isya tidak ditayangkan.

Sebagai agama mayoritas di Indonesia, penganut agama islam mempunyai kewajiban salat 5 waktu.Tapi seperti yang kita tahu, televisi hanya menayangkan Azan untuk salat Subuh dan Salat Magrib, mengapa demikian?

Banyak faktor yang memang tidak bisa dihindari sebagai alasan kenapa hal ini terjadi. Mengenai kenapa hanya adzan shubuh dan maghrib yang disiarkan di TV. Dan apa alasannya?, 

Sebenarnya alasannya tidak terlalu sulit dan rumit. Alasan-alasan ini memang terkait dengan logika dan dapat bisa diterima oleh orang-orang.

Alasan kenapa hanya Adzan Subuh dan Maghrib yang ditayangkan di TV


Seperti dilansir dari zoneknowledge.com (01/8/2017). Berikut adalah beberapa alasan kenapa hanya adzan shubuh dan maghrib yang disiarkan di TV.

1. Waktu yang hanya sebentar


Alasan pertama ialah waktu yang hanya sebentar, seperti sholat shubuh yang akan habis waktunya jika matahari terbit, dan sholat maghrib yang akan habis jika menjelang sholat isya.

2. Pemotongan waktu tayang


Jika saja semua azdan harus ditayangkan di televisi, maka hal ini akan membuat pihak televisi memotong waktu tayang sebuah film.

3. Menghargai dan menghormati non-muslim


Indonesia mempunyai berbagai agama, jika semua adzan harus ditayangkan di televisi, maka akan menggangu umat beragama yang lain.

4. Sebagai pengingat imsak dan buka puasa


Dalam kaitannya dengan bulan Ramadhan, alasan inilah yang memungkinkan kenapa hanya maghrib dan shubuh saja. 

Karena jika adzan maghrib itu menandakan untuk berbuka puasa begitu halnya dengan adzan shubuh yang menandakan waktu imsak dan subuh sebagai dimulainya waktu awal puasa. 

Dengan demikian, kedua waktu ini menjadi penting untuk ditayangkan.[Radarislam/ Zkl]

Share This !