Hati-Hati, Begini Ciri-Ciri Bakso yang Dibuat Dari Daging Babi, Mengandung Boraks, dan Formalin - Radar Islam
loading...

Hati-Hati, Begini Ciri-Ciri Bakso yang Dibuat Dari Daging Babi, Mengandung Boraks, dan Formalin

Ciri-ciri bakso babi, boraks, dan formalin, Radarislam.com ~ Bakso menjadi salah satu kuliner favorit kebanyakan masyarakat Tanah Air. Selain mudah didapat karena banyak yang menjajakannya, rasa bakso yang gurh lengkap dengan kuahnya yang menyegarkan memang bikin orang ketagihan.

Namun Anda juga wajib waspada dengan keberadaan bakso yang dibuat dari daging babi, atau yang mengandung borax dan formalin. Memang susah membedakan antara bakso babi serta bakso sapi karena teksturnya hampir mirip.

Hanya saja daging babi kurang memiliki serat dibanding daging sapi, dan biasanya bakso babi lebih kenyal. Selain itu harga bakso babi pun jauh lebih murah dibanding dengan daging sapi. Kita juga diresahkan dengan beredarnya bakso yang mengandung formalin dan boraks  berbahaya bagi tubuh pengonsumsinya.

Pemakaian bahan nonpangan pada makanan begitu beresiko untuk kesehatan seperti boraks serta formalin seringkali digunakan untuk mengenyalkan dan mengawetkan bakso. Dampak jangka panjangnya dapat sakit kepala sampai masalah organ hati.

Formalin masuk kedalam senyawa karsinogen yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Penggunaan formalin sebenarnya jauh dari bidang pangan, yaitu jadi bahan pestisida, pengawet tekstil serta pembersih lantai. Formalin dapat juga dipakai untuk mengawetkan mayat serta preparat untuk riset mahasiswa kedokteran, kedokteran hewan, peternakan, juga biologi.

Seperti diambil dari publikasi tentang bahaya formalin yang ditulis oleh Prof. DR. Ir. Chanif Mahdi, MS dari Laboratorium Biokimia Kampus Brawijaya, ambang batas formalin yang bisa masuk dalam badan pada 1, 4 sampai 14 mg. Lebih dari itu dapat menyebabkan terjadinya masalah pada organ serta system badan, seperti mual, muntah, diare, rusaknya syaraf, sampai hilangnya pandangan.

Sedangkan, bubuk boraks juga sesungguhnya digunakan sebagai antiseptik, penghapus hama, zat antikarat, juga bahan gigi palsu. Boraks memiliki karakter seperti toksin yang menyerang semua jaringan badan, serta bisa menyebabkan radang saluran pencernaan, penumpukan cairan pada badan, hingga pengecilan hati. Tanda-tanda keracunan boraks diantaranya kerap muntah, diare, anemia, juga muncul bercak pada kulit.

Lalu bagaimana ciri-ciri bakso mengandung boraks dan formalin? Berikut ulasannya:

1. Struktur begitu kenyal seperti karet, bahkan membal apabila dilempar ke bawah

2. Bakso berformalin dapat tahan hingga 5 hari, bakso nomal cuma tahan sepanjang 3 hari

3. Bakso menganung boraks memiliki bentuk tetaplah untuh walau telah kian lebih 3 hari


Anda juga bisa menguji apakah bakso mengandung boraks dan formalin dengan cara berikut ini:

1. Memakai pertolongan hewan seperti kucing. 
Kucing merupakan hewan penyuka daging tapi dapat membedakan mana daging yang segar serta mana yang memiliki kandungan boraks. Kucing umumnya tidak ingin mengonsumsi bakso yang memiliki kandungan boraks

2. Uji kimia simpel
- Lumatkan bakso dengan air
- Teteskan 3 ml metanol lantas berikan api sisi atasnya
- Jika hasil pembakaran berwarna hijau, berarti bakso tersebut mengandung boraks

Jika begitu bagaimana cara memilih bakso daging sapi asli dan tak mengandung bahan berbahaya?Simak tips aman memilih bakso berikut ini:

1. Beli bakso di berlangganan yang telah terpercaya. 
Tidak semuanya tukang bakso nakal, banyak juga yang jujur, jadi janganlah sangsi ragu untuk ajukan pertanyaan asal usul bakso yang di jual, bila penjual menjawab dengan mantap, Anda dapat tenang

2. Cermati ketahanan bakso.
Bakso tanpa pengawet cuma tahan optimal 3 hari diluar kulkas.

3. Belilah bakso yang harga nya lumrah.

Bakso yang di buat dari daging sapi asli cuma terbagi dalam sedikit tepung, jadi lumrah bila harganya mahal. Bila murah namun rasa gurih dagingnya begitu merasa, baiknya Anda waspada lantaran mungkin saja bukan daging sapi betulan.

4. Tentukan bakso yang telah berijin 
Pilihlah pedagan bakso yang sudah memeiliki ijin dari Departemen Kesehatan dan bersertifikat halal, hal inibisa jadi langkah teraman untuk mengokonsumsi bakso.

Baca Juga:

Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Bhs]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...