Jangan Lakukan Posisi Sujud Seperti Ini, Jika Tidak Sholat Anda Otomatis Batal - RadarIslam.com

Jangan Lakukan Posisi Sujud Seperti Ini, Jika Tidak Sholat Anda Otomatis Batal

Posisi sujud sholat otomatis batal, Radarislam.com ~ Sholat menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh umat Muslim. Sholat yang sempurna adalah yang memenuhi gerakan dengan benar dan khusyuk. Salah satunya adalah sujud yang menjadi salah satu sahnya shalat.

Sebab jika tidak terpenuhi, keseluruhan shalat yang dilakukan saat itu menjadi batal atau sia-sia. Dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas Ra berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan.” (HR Bukhari dan Muslim)

7 anggota tubuh yang menjadi tumpuan ketika sujud dimaksud dijelaskan pula dalam sebuah hadist yang dituturkan oleh Ibnu Abbas.

Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan –dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau (termasuk dahi)-, dua telapak tangan, dua lutut dan ujung-ujung dua kaki..” (HR Bukhari Muslim)

Jadi dari penjelasan hadist di atas, sahnya suatu sujud dalam shalat adalah harus bertumpu pada anggota tubuh dahi, hidung, dua telapak tangan, dua lutut dan dua ujung kaki.

Namun banyak yang tidak menyadari bahwa mereka tak menempelkan hidung saag sholat dan lebih mencondongkan ke daerah dahi. Padahal Rasulullah jelas-jelas mencontohkan dengan menyentuhkan hidungnya ke permukaan lantai.

Dari sahabat Abu Humaid Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah menempelkan dahi dan hidungnya ke lantai.” (HR Abu Dawud)

Dengan artu lain bahwa Rasulullah menyamakan kedudukan dahi dengan hidung agar keduanya menempel di lantai ketika sujud, sebagaimana keterangan dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda:

Allah tidak menerima shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah, sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah.” (HR Ibnu Abi Syaibah, Abdurrazaq dan Daruqutni)

Selain hidung, bagian yang sering dilalaikan saat sujud oleh umat islam adalah ujung kaki. Biasanya hal ini tampaj ketika melakukan sujud yang kedua dimana ujung kaki tidak menyentuh tanah. Dengan demikian sujud tidak bertumpu pada 7 bagian tubuh yang dijelaskan Rasulullah.

Beberapa ulama mengatakan bahwa orang yang melakukan demikian shalatnya tidak sah atau batal.

Imam Nawawi mengatakan untuk anggota sujud dua tangan, dua lutut dan dua ujung kaki, apakah wajib sujud dengan menempelkan anggota tubuh yang berpasangan itu?

"Ada dua pendapat yakni pendapat pertama tidak wajib, namun sunah muakkad (yang lebih diutamakan). Sedangkan pendapat yang kedua wajib hukumnya dan inilah yang lebih kuat alasannya dan benar. Karena itu jika ada salah satu anggota sujud yang tidak menempel, shalatnya tidak sah," jelasnya (Al Majmu).

Keterangan yang sama juga diungkapkan oleh Dr sholeh al Fauzan bahwa saat tidak menempelkan sebagian anggota sujud karena udzur yang menghalanginya untuk melakukan hal itu, seperti orang yang tidak bisa sujud dengan meletakkan salah satu anggota sujudnya, maka tidak ada masalah baginya untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada anggota sujud yang bisa dia letakkan di tanah.

"Sementara anggota sujud yang tidak mampu dia letakkan, menjadi udzur baginya," terangnya.

Namun jika dia tidak meletakkan sebagian anggota sujud tanpa ada udzur yang diizinkan syariat, maka otomatis sholatnya tidak sah. Sebab ia mengurangi salah satu rukun shalat yakni sujud di atas 7 anggota sujud.

Jadi saat sujud, lakukanlah dengan benar dan dengan menempelkan 7 anggota tubuh yang sudah disebutkan ke permukaan lantai atau tanah.

Baca Juga:


Semoga bagi yang baru menyadari kesalahan tersebut bisa memperbaikinya agar sholat yang dikerjakan diterima oleh Allah Ta’ala. Amin. [Radarislam/ Tp]

Share This !