Ada Benjolan Kecil dan Gatal di Area Pribadi, Segera Periksakan Ke Dokter Sebelum Terlambat, Begini Penjelasannya - RadarIslam.com

Ada Benjolan Kecil dan Gatal di Area Pribadi, Segera Periksakan Ke Dokter Sebelum Terlambat, Begini Penjelasannya

Benjolan kecil dan gatal di area pribadi, Radarislam.com ~ Apakah saat ini Anda menemukan bisul atau benjolan di bibir area pribadi saat sedang bercukur atau mandi? Jika iya Anda harus waspada sebab benjolan tersebut bisa berbahaya.



Anda pasti mulai panik dan berpikir bahwa benjolan itu merupakan gejala penyakit kel4m!n. Atau, Anda khawatir bisul yang Anda temukan mungkin semacam kanker. Kemudian mulai membuka tab internet baru untuk mencari jawaban atas kegusaran Anda.

Mari kita telaah satu per satu ketakutan Anda mulai dari kemungkinan terburuk sampai penyebab paling umum dari bintil, kutil, maupun benjolan di bibir area pribadi Anda. Mungkinkah benjolan di bibir area pribadi adalah:

1. Sipilis
Selama tahap primer sifilis, ulkus yang biasanya menimbulkan rasa sakit berkembang di tempat dimana bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi dalam waktu 3 minggu dari paparan, tetapi dapat berkisar dari 10 sampai 90 hari. Pada wanita, ulkus dapat timbul pada bagian luar area pribadi  atau di dalamnya. Ulkus biasanya tanpa rasa sakit dan tidak mudah terlihat. Anda bisa tidak mengetahui Anda memiliki ulkus jika itu tumbuh di dalam area pribadi atau di bukaan rahim (leher rahim).
Ulkus juga dapat muncul di daerah tubuh selain area pribadi. Ulkus biasanya bertahan selama 3 sampai 6 minggu, dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, dan dapat meninggalkan bekas luka tipis. Tapi meskipun ulkus telah sembuh, virusnya masih ada dan Anda masih bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

2. Herpes genital
Herpes genital pada wanita umumnya tidak menimbulkan tanda dan gejala sama sekali (asimptomatik). Tapi, jika ada, herpes genital menyebabkan borok atau koreng, bukannya benjolan. Borok biasanya terasa gatal, panas seperti terbakar, dan lumayan sakit. Borok awalnya berupa bentol kecil mirip gigitan serangga yang berubah menjadi luka melepuh yang terbuka dan terlihat seperti bisul. Jika Anda memiliki borok herpes genital Anda akan cepat menyadarinya karena rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkannya.

3. Molluscum contagiosum
Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra mirip tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan oleh molluscum contagiosum, virus yang ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk. Kutil pada awalnya berukuran kecil, padat, memiliki bentuk seperti kubah, tanpa rasa sakit, berwarna merah muda atau seperti daging. Kutil juga memiliki lesung di tengahnya, terlihat licin seperti lilin dan berkilau putih susu. Kutil akan menyebar di seluruh bagian tubuh, terutama akan banyak muncul di wajah, kecuali di telapak tangan dan kaki. Kutil akan berubah memerah begitu sistem imun tubuh Anda mulai memerangi virus tersebut, dan biasanya akan kebal terhadap pengobatan jika anda memiliki sistem imun yang lemah.

4. Ulkus mole (chancroid)
Chancroid atau ulkus mole adalah infeksi genital yang disebabkan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri menghasilkan luka terbuka alias koreng yang muncul pada atau dekat organ reproduksi eksternal. Koreng mungkin berdarah dengan mudah saat disentuh atau menghasilkan nanah menular yang dapat menyebar bakteri selama berhubungan secara 0ral, an4l, atau yang lainnya.
Chancroid juga dapat menyebar antar kontak kulit dengan orang yang terinfeksi. Wanita dapat mengembangkan empat atau lebih benjolan merah di labia, di antara labia dan anus, atau di paha. Setelah benjolan menjadi borok, atau terbuka, Anda mungkin mengalami sensasi terbakar atau nyeri saat buang buang air kecil atau buang air besar. Borok memiliki titik pusat yang lembut berwarna abu-abu hingga kuning keabuan dengan ujung yang tajam dan jelas.

5. Kanker vulva
Kanker vulva adalah kanker yang menyerang bagian luar sistem reproduksi wanita (vulva). Area ini termasuk bagian depan area pribadi, labia, kl1toris, dan kulit serta jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Salah satu tandanya adalah kutil yang tumbuh pada vulva atau benjolan di labia yang diikuti oleh sejumlah tanda berikut: perdarahan setelah jima', sakit pada vulva, perubahan warna kulit, dan rasa gatal dan terbakar pada vulva yang bertahan lama.
Kecil kemungkinannya benjolan yang Anda temukan adalah tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita. Jenis kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh waktu tahunan untuk berkembang. Perubahan prakanker biasanya dapat dideteksi dan diobati.

6. Kutil pada area pribadi
Benjolan berdaging berukuran kecil yang padat, timbul, dan memiliki permukaan kasar bisa menjadi pertanda kutil kelam!n. Kutil ini disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Benjolan ini menyerupai kembang kol dan dapat tumbuh dalam kelompok. Anda bisa mendapatkan kutil ini melalui kontak kulit antar otrgan pribadi atau bahkan menyentuh dengan tangan yang membawa virus.
Kutil dapat tumbuh pada bibir labia, di dalam, pada leher rahim, dan bahkan di sekitar anus. Benjolan mulai sebagai bintil seukuran butir beras merah muda atau cokelat. Beberapa kutil tidak menimbulkan rasa sakit dan hampir tidak terlihat, sementara yang lain dapat tumbuh dengan diameter lebih dari 7 cm. Beberapa kutil ini akan menyebabkan rasa gatal dan terbakar.
Tapi di sisi lain, kebanyakan orang yang mengalami infeksi HPV bisa tidak mengembangkan kutil sama sekali. Jika kutil ini muncul, hanya akan tampak dalam beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahunan setelah Anda pertama kali terpapar kontak dengan virus.

Penyakit kelam!n tidak selalu menjadi penyebab kutil dan benjolan di bibir area pribadi. Ada beberapa kondisi kulit kronis yang dapat menghasilkan luka dan gejala mirip, seperti gatal, sensasi terbakar, dan nyeri. Apa lagi yang dapat menyebabkan bisul dan benjolan di bibir area pribadi?

3. Kista v49ina
Kista ini biasanya terbentuk ketika kelenjar kulit atau saluran keringat tersumbat, menyebabkan penggumpalan cairan atau bahan lain di bawah kulit. Kista sering terlihat seperti jerawat atau benjolan di bawah kulit. Jika berukuran cukup besar atau tidak tak nyaman, dokter dapat mengempiskan benjolannya. Memencet kista sendiri bukan ide yang baik karena dapat membuka gerbang bagi masuknya bakteri dan menyebabkan infeksi dan bernanah; biasanya diakibatkan oleh bakteri penyebab penyakit menular seksu4l, seperti gonore atau klamidia.

2. Vulvovaginitis
Vulvovaginitis adalah peradangan atau infeksi di sekitar labia dan area perineum. Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi wanita dan anak perempuan dari segala usia, dan memiliki berbagai penyebab. Candida albicans adalah infeksi jamur penyebab umum dari vulvovaginitis. Vulvovaginitis pada remaja perempuan dapat disebabkan oleh kadar estrogen yang rendah.
Vulvovaginitis akan memengaruhi sekitar 75 persen perempuan dalam hidup mereka. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan rasa gatal dan keputihan berwarna putih kental yang mirip dengan keju cottage. Tanda lainnya adalah nyeri saat buang air kecil.

3. Dermatitis
Eksim mengacu pada kondisi kulit yang menyebabkan kulit meradang, bengkak, iritasi, dan gatal. Salah satu jenis eksim yang sering terjadi adalah dermatitis atopik (disebabkan oleh sensitivitas kulit terhadap alergen) dan dermatitis kontak (disebabkan iritan eksternal atau kimiawi).
Gejala yang berhubungan dengan dermatitis kontak alergi termasuk: kering, bersisik, kulit terkelupas, gatal-gatal, bisul yang basah mengalir atau lecet kering, kulit kemerahan, kulit berubah gelap atau kasar, sensasi panas terbakar dengan atau tanpa borok. gatal ekstrim.

Kista inklusi adalah salah satu jenis yang paling umum dari kista va91na, biasanya sangat kecil dan terletak di dinding bawah area pribadi. Kista inklusi disebabkan oleh trauma pada dinding area wanita. Misalnya, dari episiotomi (sayatan sukarela untuk memperbesar jalan rahim saat melahirkan)

Kista Bartholin adalah kista yang berisi cairan, terbentuk pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terletak di kedua sisi bukaan ke va-9i-na dan merupakan produsen cairan yang melumasi labia.

Kista kelenjar Gartner terjadi ketika saluran dalam embrio berkembang tidak hilang seperti yang seharusnya ketika bayi lahir. Saluran yang tersisa ini dapat membentuk kista di kemudian hari

Kista Müllerian adalah jenis umum lain dari kista  yang terbentuk dari struktur yang tertinggal ketika bayi berkembang. Kista ini bisa tumbuh di mana saja di dinding dan seringnya mengandung lendir

Ingat bahwa hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda melihat atau mencurigai adanya benjolan di bibir area probadi wanita atau perubahan fisik apapun yang tampak tidak normal adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk diperiksa dan mendapatkan diagnosis tepat. Dengan cara tersebut Anda akan memiliki ketenangan pikiran.

Baca Juga:

Semoga bermanfaat. [Radarislam/ Bkb]

Share This !